Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Beda Nasib Mobil Kembar Toyota-Daihatsu di GIIAS 2021

Mobil kembar Daihatsu dan Toyota memiliki nasib yang kontras sepanjang GIIAS 2021. Padahal mereka berasal dari satu pabrik yang sama.
Pengunjung mengamati All New Avanza di GIIAS 2021. /Bisnis-Muhammad Khadafi
Pengunjung mengamati All New Avanza di GIIAS 2021. /Bisnis-Muhammad Khadafi

Bisnis.com, JAKARTA — Toyota dan Daihatsu tampil di Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2021 dengan beberapa mobil kembar. Satu yang menjadi sorotan, karena baru saja memiliki generasi terbaru adalah Avanza dan Xenia. 

Selain Avanza dan Xenia, mobil kembar Toyota dan Daihatsu yang tampil di GIIAS 2021 antara lain Agya dan Ayla, Raize dan Rocky, serta Rush dan Terios. Dari data penjualan yang telah dilampirkan masing-masing merek, seluruh model memiliki angka penjualan yang kontras sepanjang GIIAS 2021. 

Secara total, penjualan Toyota dan Daihatsu di GIIAS 2021 kompak turun lebih dari 25 persen dibandingkan dengan GIIAS 2019. Toyota membukukan 4.502 unit, sedangkan Daihatsu 504 unit. 

Bila dirinci, Avanza dan Xenia yang memasuki generasi ketiga, masing-masing mengumpulkan 711 unit dan 104 unit sepanjang 11 hari mejeng di GIIAS 2021. Artinya penjualan Xenia baru tidak sampai 20 persen dari capaian All New Avanza.

Adapun Avanza dan Xenia merupakan dua mobil yang diproduksi oleh pabrik Daihatsu di Indonesia. Meskipun serupa, kedua mobil ini memiliki beberapa perbedaan yang telah disesuaikan untuk masing-masing segmentasinya. 

Hal serupa juga terjadi pada Raize dan Rocky. Compact SUV ini juga diproduksi di parbrik yang sama, yakni fasilitas produksi milik Daihatsu.

Sepanjang GIIAS 2021, Raize membukukan 651 unit, sedangkan Rocky 108 unit. Lagi-lagi capaian mobil milik Daihatsu tidak sampai 20 persen dari kembarannya yang berlogo Toyota. 

Kemudian juga ada Rush dan Terios. Low SUV (LSUV) yang memiliki desain identik juga berasal dari satu ibu, yakni pabrik Daihatsu.

Senada dengan mobil kembar Daihatsu-Toyota lainnya, penjualan Rush dan Terios jomplang. Toyota Rush mencatat 329 surat pemesanan kendaraan (SPK), sedangkan Terios 74 SPK. 

Dikenal sebagai mobil kembar, All New Avanza dan All New Xenia sangat berbeda nasibnya dalam penjualan saat pameran otomotif Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2021.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Khadijah Shahnaz
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper