Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Sering Salah Paham, Ini Beda SPG dan Usher di GIIAS 2021

Meski sering terlihat, tetapi ternyata banyak orang yang tidak mengetahui profesi perempuan yang berdiri di samping kendaraan bermotor saat GIIAS 2021. Lazimnya orang-orang menyebut perempuan-perempuan yang selalu tampak ramah itu sebagai SPG atau sales promotion girl. 
Lexus US 300e ditemani oleh dua usher perempuan di GIIAS 2021. /Bisnis-Khadijah Shahnaz
Lexus US 300e ditemani oleh dua usher perempuan di GIIAS 2021. /Bisnis-Khadijah Shahnaz

Bisnis.com, JAKARTA — Kehadiran perempuan cantik pada pameran otomotif seperti Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2021 seperti tidak terpisahkan. Mereka kerap berdiri di samping kendaraan sembari tersenyum kepada pengunjung pameran. 

Meski sering terlihat, tetapi ternyata banyak orang yang tidak mengetahui profesi mereka. Lazimnya orang-orang menyebut perempuan-perempuan yang selalu tampak ramah itu sebagai SPG atau sales promotion girl. 

Dalam berbagai sumber, SPG adalah perempuan yang bertugas menjual atau mempromosikan produk tertentu. Satu syarat mutlak biasanya memiliki penampilan menarik. 

Sementara itu, perempuan-perempuan yang biasanya berdiri di samping kendaraan bemotor saat pameran otomotif hanya bertugas seperti penerima tamu, senyum dan bersikap ramah kepada pengunjung. Mereka biasanya juga mendapatkan pelatihan dasar mengenai produk, tetapi tidak memiliki target penjualan. 

Imay, seorang perempuan berusia 25 tahun menceritakan telah berkerja sebagai usher di GIIAS sejak 2012. Sepanjang sifnya, dia tidak memiliki tugas untuk menjual produk. 

"Sebutan kita usher, kalau SPG kan sales promotionnya," tutur Imay

Apabila diperhatikan memang terlihat jelas perbedaan tugas usher dan SPG. Dalam beberapa booth di lokasi pameran GIIAS 2021, sering kali kita menjumpai seorang perempuan yang menawarkan brosur dan berupaya menjual satu produk. 

Oleh karena itu menjai usher pun terbilang lebih santai dibandingkan SPG, karena tidak mendapatkan tekanan berupa target penjualan. Pun para usher mendapatkan upah yang tidak sedikit. 

Dalam satu sif kerja antara 5–7 jam para usher bisa mengantongi Rp1 juta hingga Rp2,5 juta. Artinya dari pameran GIIAS 2021 yang berlangsung selama 11–21 November 2021 atau 11 hari, para perempuan yang berprofesi sebagai usher itu bisa membawa pulang belasan hingga puluhan juta rupiah. 

Namun tidak semua mendapatkan penghasilan lebih dari Rp1 juta untuk satu sif sebagai usher GIIAS 2021. Nia, perempuan berusia 26 tahun baru kali ini mengikuti GIIAS. 

Berdiri di samping mobil bermerek Jepang, Nia mengaku mendapatkan gaji Rp900.000 untuk satu sif kerja. "Worth it sekali aku di sini, dan kalau long shift pasti dua kali lipat," ujar Nia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Khadijah Shahnaz

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper