Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Bukan SPG, Usher GIIAS 2021 Dapat Gaji Rp2,5 Juta per Hari

Dari pameran GIIAS 2021 yang berlangsung selama 11–21 November 2021 atau 11 hari, para perempuan yang berprofesi sebagai usher itu bisa membawa pulang belasan hingga puluhan juta rupiah. 
Seorang usher perempuan berdiri di samping mobil MG Motor. /Bisnis-Khadijah Shahnaz
Seorang usher perempuan berdiri di samping mobil MG Motor. /Bisnis-Khadijah Shahnaz

Bisnis.com, JAKARTA — Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2021 bukan hanya menjadi penggerak industri otomotif, tetapi juga ladang mencari uang untuk para perempuan yang berprofesi sebagai usher. Dalam satu sif kerja antara 5–7 jam mereka bisa mengantongi Rp1 juta hingga Rp2,5 juta. 

Artinya dari pameran GIIAS 2021 yang berlangsung selama 11–21 November 2021 atau 11 hari, para perempuan yang berprofesi sebagai usher itu bisa membawa pulang belasan hingga puluhan juta rupiah. 

Imay seorang perempuan dengan tinggi di atas 170 centimeter menceritakan bahwa dirinya bukan pertama kali menjadi usher di GIIAS. Dia telah menjalani profesi tersebut sejak 2012 atau sudah mengikuti delapan kali perhelatan. 

Pada GIIAS 2021 dia menjadi usher dengan sistem middle shift yaitu dari jam 13.00 siang sampai dengan 20.00 atau hingga GIIAS tutup. 

"Kalau di tempat lain ada dua sif, dari jam 10.30 sampai dengan 3.30 dan 3.30 sampai jam 8.00. Dan untuk Fee aku itu minimal banget itu satu sif itu kisaran Rp1 juta dan kalau misalkan ada long sif itu double," katanya ketika ditemui Bisnis, Senin (15/11/2021).

Imay pun menambahkan di grup share job para usher cantik ini, fee tertinggi berada pada kisaran Rp2,5 juta untuk satu sif kerja.

Namun tidak semua mendapatkan penghasilan lebih dari Rp1 juta untuk satu sif sebagai usher GIIAS 2021. Nia, perempuan berusia 26 tahun baru kali ini mengikuti GIIAS. 

Berdiri di samping mobil bermerek Jepang, Nia mengaku mendapatkan gaji Rp900.000 untuk satu sif kerja. "Worth it sekali aku di sini, dan kalau long shift pasti duakali lipat," ujar Nia.

Adapun GIIAS 2021 diselenggarakan di tengah pandemi. Pameran otomotif terbesar di Indonesia ini diadakan secara tahunan kecuali pada 2020 karena kala itu diberlakukan pembatasan mobilitas secara ketat akibat tingginya kasus Covid-19.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Khadijah Shahnaz

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper