Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Toyota GR Yaris Dikirim Bulan Depan, Bakal jadi Barang Langka

Di Indonesia Toyota GR Yaris menjadi barang rebutan. Semua unit yang dipasarkan di Tanah Air sudah ada pemilik nya.
Muhammad Khadafi
Muhammad Khadafi - Bisnis.com 22 Oktober 2021  |  05:13 WIB
Toyota GR Yaris saat sesi berkendara di BSD City, Tangerang, Kamis (21/10/2021).  - Bisnis.com/Muhammad Khadafi
Toyota GR Yaris saat sesi berkendara di BSD City, Tangerang, Kamis (21/10/2021). - Bisnis.com/Muhammad Khadafi

Bisnis.com, JAKARTA — PT Toyota Astra Motor (TAM) akan mulai mengirimkan GR Yaris kepada konsumen mulai awal bulan depan atau November. Pengiriman mobil reli yang spesifikasinya sesuai aturan World Rally Championship (WRC) akan dilakukan secara bertahap. 

"Mulai November, Desember, mungkin sebagian di awal tahun," kata Direktur Pemasaran PT TAM Anton Jimmi Suwandy usai test drive Toyota GR Yaris dan GR Supra di Edutown, BSD City, Tangerang, Kamis (21/10/2021).

Sebagaimana diketahui, PT TAM telah membuka pemesanan 125 unit GR Yaris sejak Maret lalu. Kendati demikian, TAM menyatakan bahwa Indonesia mendapatkan jatah yang paling banyak di Asia Tenggara. 

Adapun GR Yaris yang masuk Indonesia dibekali mesin 1.600 cc turbo, tiga silinder segaris, DOHC 12-valve with VVTi. Mesin ini mampu menghasilkan daya 261 hp dan torsi maksimum 360 Nm.

Tenaga besar itu mengalir ke roda (4WD) melalui transmisi manual GR-Four 4WD system dan membuat mobil ini bisa berakselerasi hingga kecepatan maksimum 230 km per jam.

Anton menjelaskan bahwa GR Yaris yang masuk Indonesia terdiri dari dua warna pilihan, yakni merah dan putih. “Pilihan (warnanya) untuk Indonesia memang hanya dua, merah dan putih,” ujar dia.


Direktur PT Toyota-Astra Motor (TAM) Anton Jimmi Suwandy (kanan) bersama salah satu pembalap andalan Toyota Team Indonesia (TTI) Demas Agil pada acara Media Test Drive GR Yaris, di Serpong, Tangerang, Kamis (21/10/2021).

Pada awalnya GR Yaris dirancang sebagai mobil reli yang spesifikasinya sesuai aturan World Rally Championship (WRC). Salah satu syarat homologasi mobil yang dipakai dari lintasan balap ke jalan raya adalah wajib menggunakan basis bodi yang sama seperti mobil produksi massal dan setidaknya diproduksi 25.000 unit setahun.

Toyota GR Yaris Bakal jadi Barang Langka

Di Indonesia Toyota GR Yaris menjadi barang rebutan. Semua unit yang dipasarkan di Tanah Air sudah ada pemilik nya.

Anton menjelaskan bahwa peminat GR Yaris di Indonesia mencapai sekitar 500 orang. Alhasil TAM harus melakukan undian untuk menentukan siapa yang dapat membawa pulang mobil tersebut. 

TAM pun meminta uang muka Rp100 juta kepada calon pembeli. Dia bilang untuk memesannya konsumen mesti menyerahkan uang panjar Rp100 juta. "DP 100 juta, karena banyak DP kecil takutnya tidak serius terpaksa kita naikin," kata Anton.

Saat ini TAM menjual GR Yaris dengan harga Rp850 juta dengan opsi aksesori paket lengkap senilai Rp100 juta. 

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

mobil Toyota Astra Motor
Editor : Muhammad Khadafi

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top