Perhatikan Hal Berikut saat Cari Mobil Keluarga, Bepergian Makin Nyaman

Salah satu yang perlu dipertimbangkan adalah ukurannya yang besar sehingga mampu menampung banyak anggota
Foto: Illustrasi E-commerce
Foto: Illustrasi E-commerce

Bisnis.com, JAKARTA - Kendaraan merupakan alat mobilitas yang memudahkan berbagai aktivitas. Bagi yang masih single dan keluarga, tentu saja berbeda jenis kendaraanya. Apalagi sudah ditambah dengan buah hati, akan sangat menyenangkan jika memiliki kendaraan yang lebih besar seperti halnya mobil. Keluarga akan bisa jalan-jalan dengan lebih nyaman, tidak terkena paparan sinar matahari atau kehujanan.

Namun membeli mobil untuk keluarga bukanlah perkara mudah. Salah satu yang perlu dipertimbangkan adalah ukurannya yang besar sehingga mampu menampung banyak anggota.

Contoh mobil dengan ukuran besar yang banyak jadi pilihan keluarga adalah Nissan Kicks yang sudah mengaspal di Tanah Air sejak September 2020. Mari ketahui berbagai hal yang perlu diperhatikan saat akan beli mobil keluarga selain ukurannya yang besar.

Perhatikan Fitur Keamanan

Karena dikendarai oleh orang-orang terdekat, Anda harus memastikan fitur keamanan dari mobil yang dipilih sangat baik. Hal tersebut perlu dilakukan untuk meminimalisir kecelakaan. Ambil contoh fitur keamanan yang ditawarkan oleh Nissan Kicks, ada banyak sekali.

Beberapa contoh fitur keamanan dari Nissan Kick antara lain ada Intelligent Around View Monitor with Moving Object Detection, atau secara singkatnya Anda bisa memantau mobil di sekeliling dengan layar monitor sampai 360 derajat dengan empat titik kamera. Ada pula namanya Intelligent Cruise Control yang akan menjaga jarak aman, mobil menyesuaikan jarak aman kendaraan yang ada di depannya.

Selain itu masih banyak lagi fitur lainnya yang dipertimbangkan. Mulai dari jumlah airbag sampai dengan keefektifan dari berbagai fitur yang ditawarkan.

Kenyamanan Tempat Duduk

Saat berkendara dengan keluarga, terutama pergi ke berbagai tempat yang jauh, kenyamanan tempat duduk perlu untuk masuk dalam pertimbangan. Pilih mobil dengan jok yang empuk dan suspensi yang halus. Apalagi jika keluarga memiliki orangtua dan anak-anak, butuh sesuatu yang lebih nyaman.

Tidak hanya jok yang nyaman saja, Anda juga perlu kendaraan yang dilengkapi dengan fitur hiburan. Supaya saat di perjalanan keluarga tidak gampang bosan. Bisa mendengarkan lagu atau menonton film. Jika lelah tinggal tidur saja karena kursi penumpang sudah nyaman.

Perhatikan Bahan Bakar

Bahan bakar juga masuk ke dalam pertimbangan saat membeli mobil. Pilihlah mobil yang memiliki konsumsi bahan bakar irit. Mobil keluarga ukuran besar selama ini identik dengan bahan bakar yang boros. Namun tenang saja, berbagai teknologi dikembangkan untuk menghemat bahan bakar yang dikeluarkan. Jika bahan bakar sudah efisien, pengeluaran jika bisa ditekan.

Ada banyak teknologi yang bisa menghemat pengeluaran bahan bakar. Misalnya saja teknologi bernama Cruise Control yang ada di banyak mobil. Teknologi ini mampu mengirit bahan bakar dengan melajukan mobil tanpa membutuhkan pijakan pedal gas.

Laju mobil yang stabil tidak digas-gas sangat efektif untuk membuat konsumsi bahan bakar semakin efisien. Selain Cruise Control masih banyak lagi lainnya, ada Eco Indikator sampai fitur Auto Start-Stop.

Pilihlah Bagasi yang Besar

Selain jumlah kursi, hal lainnya di dalam mobil yang perlu dipertimbangkan adalah bagasi. Semakin besar ukuran bagasi akan tambah memudahkan. Anda bisa meletakkan banyak barang sekaligus. Jumlah anggota keluarga banyak juga membutuhkan bagasi yang besar.

Apalagi jika sedang memiliki bayi, akan tambah banyak barang yang perlu dimasukkan ke mobil jika bepergian. Mulai dari stroller, car seat portable untuk bayi, dan lain sebagainya.

Pun jika Anda memiliki lebih banyak kegiatan di jalanan, mobil dengan bagasi besar akan sangat membantu. Bisa digunakan untuk tempat baju, sepatu, sampai dengan berbagai aksesoris lainnya. Bahkan, Anda bisa berganti baju di dalam mobil jika tidak ada tempat yang lebih layak.

Perhitungkan Biaya Perawatan

Sudah menjadi rahasia umum jika pengeluaran keluarga itu sangat besar. Jadi ada baiknya memangkas hal-hal yang tidak terlalu penting. Itu termasuk biaya perawatan mobil yang mahal dan intensitasnya sering. Oleh sebab itu, sebelum membeli mobil keluarga idaman, Anda perlu mengetahui berbagai perbandingan biaya perawatan antara satu dengan yang lainnya.

Kemudian bandingkan mana mobil yang memiliki spesifikasi seperti yang diinginkan, namun memiliki biaya perawatan yang lebih terjangkau. Setiap jenis mobil memiliki jenis perawatan berbeda, tergantung variasinya.

Tentukan Budget Sebelumnya

Supaya pengeluaran tetap terkontrol dengan baik, sebelum membeli mobil tentukan budget yang akan dikeluarkan. Bagaimana cara menentukan budget? Anda bisa mencari tahu kisaran harga mobil yang diinginkan. Bisa lewat ahli otomotif, komunitas, sampai dengan lewat situs-situs online.

Jangan sampai tergiur dengan harga-harga yang berada di bawah pasaran. Khususnya bagi tempat-tempat yang belum terpercaya. Kecuali jika Anda mendapatkan promo khusus dari dealer-dealer ternama dan terpercaya, itu malah menyenangkan. Pastikan harga tidak terlalu jauh dari kisaran yang telah ditentukan.

Pastikan Sparepart Mudah Didapat

Guna mengantisipasi masalah yang terjadi pada mobil di kemudian hari, pastikan sparepart dari mobil yang Anda inginkan sangat mudah didapat. Karena jika gampang didapatkan, tidak perlu lagi biaya kirim yang besar atau menunggu terlalu lama. Mobil yang bermasalah bisa segera diperbaiki.

Jangan lupa untuk memperhatikan berbagai hal di atas saat sedang mencari mobil keluarga. Supaya pengetahuan tentang mobil semakin mendalam, Anda bisa mencari berbagai informasinya. Bisa di Blibli atau tempat-tempat yang terpercaya. Blibli juga melayani pembelian mobil, termasuk juga Nissan Kicks, berbagai produk Honda, dan lain sebagainya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Media Digital
Editor : Media Digital
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

# Hot Topic

Rekomendasi Kami

Foto

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper