Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Hingga Agustus 2021, Penjualan Ritel Daihatsu Naik 36,2 Persen

Daihatsu juga mencatat capaian positif dari sisi wholesales, yakni 98.519 unit atau naik 69,9 persen secara tahunan sepanjang Januari–Agustus 2021.
Jejeran unit produksi Astra Daihatsu Motor di fasilitas logistik pabrikan. /ADM
Jejeran unit produksi Astra Daihatsu Motor di fasilitas logistik pabrikan. /ADM

Bisnis.com, JAKARTA —PT Astra Daihatsu Motor (ADM) mencatat penjualan retail atau dari dealer ke konsumen  sepanjang 2021, hingga Agustus, sebanyak 89.601 unit atau naik 36,2 persen dibandingkan periode yang sama tahun lalu. 

Pertumbuhan kinerja juga terjadi pada sisi wholesales. Daihatsu mencatat penjualan pabrik ke dealer sebanyak 98.519 unit atau naik 69,9 persen secara tahunan.

Sementara itu, penjualan Daihatsu secara bulanan juga mengalami kenaikan dibandingkan bulan sebelumnya. Pada Agustus 2021, penjualan retail Daihatsu 12.199 unit, naik sebesar 20 persen dibandingkan Juli 2021 lalu. Pada periode yang sama perusahaan mencatat volume wholesales mencapai 14.408 unit, atau naik 55,2 persen.

“Penjualan Daihatsu hingga Agustus 2021 mencapai raihan yang cukup baik dibandingkan tahun sebelumnya. Hal ini tidak lepas dari dukungan pemerintah yang memberikan program relaksasi pajak untuk menggairahkan sektor industri otomotif” ujar Hendrayadi Lastiyoso, Marketing & Customer Relations Division Head PT Astra International Daihatsu Sales Operation (AI-DSO) melalui keterangan resmi, Selasa (14/9/2021).

Capaian Daihatsu pada tahun ini seiring dengan penjualan otomotif nasional yang terus mengalami peningkatan secara bertahap di tengah dukungan pemerintah terhadap industri otomotif melalui relaksasi diskon PPnBM. 

Sepanjang periode Januari–Agustus 2021, total retail mencapai sekitar 527.000 unit, sedangkan wholesales mengalami peningkatan menjadi sekitar 543.000 unit. Angka ini sudah melampaui kinerja sepanjang tahun lalu.

Adapun ADM belum lama ini mencapai total produksi sebanyak 7 juta unit selama 43 tahun berkiprah di Indonesia, terhitung sejak 1978 hingga 20 Agustus 2021.

“Pencapaian produksi ke-7 juta unit merupakan momentum penting bagi ADM, terlebih di tengah kondisi pandemi hingga saat ini,” ujar Kurniawan Rahardono, Executive Officer PT ADM. 

Rahardono mengatakan bahwa capaian tersebut membuat perusahaan terus berkomitmen dalam memenuhi kebutuhan pelanggan, dengan menyediakan produk terbaik sesuai dengan permintaan dan standar kualitas global. 

ADM tercatat memulai produksi mobil secara utuh di Indonesia pada 1978. Capaian satu juta unit produksi diraih perusahaan dalam kurun waktu 27 tahun, atau tepatnya pada 2005. 

Sementara itu, produksi dua juta unit diraih ADM dalam waktu lebih singkat, hanya berselang lima tahun setelahnya yakni pada 2010. Peningkatan produksi tersebut melaju semakin kencang ketika perusahaan membukukan produksi sebanyak 3 juta unit di 2013.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : M. Richard
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper