Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Mobil Terlaris (Wholesales) Juni 2021: Brio Memimpin, Avanza Terpental

Berikut daftar 10 mobil terlaris versi penjualan pabrik ke dealer (wholesales) di Indonesia per Juni 2021.
Honda Brio Urbanate. /HPM
Honda Brio Urbanate. /HPM

Bisnis.com, JAKARTA — Honda Brio mengukuhkan diri sebagai mobil terlaris versi penjualan pabrik ke dealer (wholesales) pada Juni 2021, melampaui raihan penjualan Avanza dan Innova. Adapun mobil kembar anyar Toyota-Daihatsu Rocky dan Raize turut menyemarakkan persaingan bulan lalu.

Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) mencatat bahwa penjualan dari pabrik ke dealer Honda Brio pada bulan lalu mencapai 4.867 unit. Capaian itu berselisih tipis dari penjualan Avanza yang tercatat sebanyak 4.450 unit. 

Di posisi ketiga daftar mobil penumpang terlaris dipegang oleh Toyota Innova, yang sepanjang Juni, membukukan wholesales 4.117 unit. Raihan tersebut dibayangi oleh realisasi penjualan Rush yang mencapai 3.795 unit. 

Sementara itu, di posisi kelima dan keenam daftar mobil terlaris direngkuh oleh Daihatsu Rocky dan Toyota  Raize. Dua mobil yang meluncur bersamaan pada 30 April 2021 ini mampu menyaingi penjualan Sigra, Fortuner, Calya, dan Mitsubishi Pajero Sport. 

Rocky dan Raize adalah proyek mobil kembar dari dua pabrikan mobil Jepang. Sekilas, keduanya tampak serupa, tetapi masing-masing memiliki perbedaan yang disesuaikan dengan segmentasinya.

Kedua mobil yang sama-sama memiliki varian mesin 1.000 cc turbo dan 1.200 cc tersebut hadir dengan sejumlah fitur canggih di kelasnya. Di atas kertas, Rocky tercatat memiliki fitur ASA (Advanced Safety Assist). 

Teknologi tersebut memiliki enam fungsi yang memberikan keamanan saat berkendara, yakni Pre-Collision Breaking, Pre-Collision Warning, Pedal Misoperation Control, Lane Departure Warning, Front Departure Alert, dan Lane Departure Prevention. 

Seluruh fitur tersebut adalah teknologi pintar untuk mencegah kecelakaan, seperti memberikan peringatan hingga melakukan pengereman secara otomatis. 

Tingkat keamanan Rocky juga dilengkapi fitur Vehicle Stability Control (VSC), ABS + ABD, dan Hill Start Assist (HAS). Teknologi terakhir ini membantu mobil tidak turun ketika berhenti di tanjakan. 

Sementara itu Toyota Raize menggunakan fitur keselamatan Toyota Safety Sense (TSS). Mobil ini ini dilengkapi airbag di enam titik, yang membuat pengemudi dan penumpang terhindar dari benturan keras. 

Teknologi TSS Toyota Raize ini memiliki paket yang lebih komplit ketimbang ASA milik Daihatsu Rocky. TSS terdiri dari fitur Lane Departure Assists with Steering Control, Pedal Misoperation Control, Pre-collision System, Front Departure Alert, dan lainnya. 

Sebagai catatan, seluruh teknologi tersebut hanya tersedia untuk varian tertinggi dari Daihatsu Rocky dan Toyota Raize. 

Berikut daftar 10 mobil terlaris di Indonesia per Juni 2021: 

1. Honda Brio 4.867 unit

2. Toyota Avanza 4.450 unit

3. Toyota Innova 4.117 unit

4. Toyota Rush 3.795 unit

5. Daihatsu Rocky 3.471 unit

6. Toyota Raize 2.339 unit

7. Daihatsu Sigra 2.332 unit

8. Toyota Fortuner 2.159 unit

9. Toyota Calya 2.082 unit

10. Mitsubishi Pajero Sport 1.727 unit

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Dionisio Damara
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper