Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Penjualan Mercedes-Benz Naik 22 persen, Otomotif Global Pulih?

Pertumbuhan penjualan Mercedes-Benz pada kuartal I/2021 disokong oleh China dan Amerika Serikat.
Newswire
Newswire - Bisnis.com 23 April 2021  |  11:08 WIB
Bintang Lancip Tiga, logo Mercedes Benz.  - REUTERS
Bintang Lancip Tiga, logo Mercedes Benz. - REUTERS

Bisnis.com, JAKARTA — Mercedes-Benz mengumumkan penjualan kuartal I/2021 mencapai 590.999 unit, naik 22,3 secara tahunan. Kontribusi terbesar berasal dari pasar China dan Amerika Serikat.

Selain didorong penjualan ritel di China dan AS, kinerja pabrikan mobil mewah asal Jerman ini juga disokong oleh permintaan kendaraan plug-in hybrid (PHEV) dan listrik murni (EV).

Di Eropa, satu dari empat mobil yang dijual Mercedes-Benz dan smart adalah EV. Secara global, mobil PHEV dan EV sepenuhnya berkontribusi sekitar 10 persen dari keseluruhan penjualan Mercedes-Benz, dengan volume sekitar 59.000 unit dan lebih dari 16.000 unit.

Adapun Mercedes-Benz juga akan terus memperluas rangkaian produk EV yang luas dan menarik dengan menawarkan kepada pelanggannya total sekitar 30 varian plug-in hybrid hingga akhir 2021.

Sementara itu krisis cip semikonduktor menjadi tantangan tersendiri. Mercedes-Benz memantau situasi dengan cermat dan terus berkomunikasi dengan pemasok.

Lebih rinci, penjualan Mercedes-Benz di kawasan Asia-Pasifik naik 46,6 persen ditopang China. Pada bulan Januari, penjualan di China hampir mencapai tonggak sejarah, atau mencapai 100.000 unit dalam satu bulan.

Di kawasan Eropa, pengiriman terjadi meskipun lockdown masih berlangsung di banyak pasar. Pada kuartal I/2021, kawasan Eropa membukukan kenaikan 1,8 persen secara tahunan. Kontraksi justru terjadi di negara asal Mercedes-Benz, Jerman, dengan total 54.446 mobil atau turun 15,4 persen secara tahunan. 

Selanjutnya, penjualan di wilayah Amerika Utara mencapai 88.318 unit, naik 12,5 persen dengan 78.256 mobil penumpang dikirim ke pelanggan di AS. Di AS, Mercedes-Benz menjadi merek mobil mewah yang paling laris pada triwulan pertama.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

otomotif mobil Mercedes Benz

Sumber : Antara

Editor : Muhammad Khadafi

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top