Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Begini Cara Cek Komponen Oli Mesin hingga Air Wiper Mobil

Berikut petunjuk praktis memeriksa fluida pada mobil. 
Radiator Mobil. /Toyota
Radiator Mobil. /Toyota

Bisnis.com, JAKARTA – PT Astra Daihatsu Motor membagikan sejumlah petunjuk praktis untuk merawat mesin mobil tetap optimal, salah satunya dengan mengecek fluida atau zat cair pada ruang mesin.

Executive Coordinator Technical Service Division PT Astra Daihatsu Motor (ADM), Bambang Supriyadi, menuturkan bahwa mobil merupakan salah satu moda transportasi paling aman di tengah pandemi Covid-19. Untuk itu, performa kendaraan ini sebaiknya dijaga. 

“Saat sebelum berkendara, terkadang kita sering melewatkan pengecekan ringan kendaraan secara berkala sebelum digunakan, misalnya saja pengecekan oli mesin, oli rem, oli power steering, air radiator, air washer dan air aki pada mobil,” ujarnya, mengutip keterangan tertulis, Senin (12/4/2021).

Dia menambahkan bahwa ada sejumlah tips yang dapat dilakukan pengguna untuk memastikan mobil tetap aman dan nyaman saat digunakan. Berikut petunjuk praktis memeriksa fluida pada mobil. 

1. Oli mesin 

Hidupkan mesin beberapa saat hingga mencapai temperatur kerja, matikan mesin, tunggu beberapa saat agar oli mengalir kembali ke bagian bawah mesin. Ambil kain lap bersih, tarik dipstick oli mesin bersihkan dengan kain, masukan kembali dipstick sepenuhnya dan Tarik. 

Cek volume oli. Ada tiga level oli mesin, yakni, Rendah, Normal, Berlebih. “Pastikan oli mesin pada posisi normal apabila rendah tambahkan oli mesin jenis yang sama,” ujarnya. 

2. Oli rem 

Cari posisi master silinder rem yang terdapat reservoir untuk oli rem. Periksa ketinggian level oli yang ditandai oleh min dan max. Jika level oli berada di  posisi min, tambahkan dengan oli rem hingga mencapai level max. 

3. Air radiator 

Periksa ketinggian air radiator coolant di tangki cadangan. Kekurangan air radiator dapat menyebabkan mesin cepat panas atau overheat. Jika kurang, tambahkan dengan air radiator coolant dengan tipe yang sama. 

4. Air wiper 

Penggunaan air wiper sangat penting agar tidak merusak kaca. Pastikan air di tangki wiper dalam kondisi terisi penuh dengan melihat batas maksimal dari tangki air wiper. 

5. Air Aki 

Cairan ini tidak kalah penting. Sebab, jika tidak dilakukan pengecekan atau terlambat menambahkan maka aki bisa rusak. Pastikan level air aki pada posisi upper dan lower. Apabila berada di posisi lower, tambahkan air aki hingga mencapai level tertinggi. 

6. Power steering tipe hidrolik 

Hidupkan mesin sampai mesin berada pada suhu kerja. Buka tutup reservoir, kemudian periksa volume oli power steering dan pastikan ada di batasan upper dan lower. Apabila kurang dari batas bawah tambahkan oli power steering. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Dionisio Damara
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper