Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Toyota Indonesia Mau Produksi Mobil Hybrid, Avanza atau Innova?

Nantinya produksi mobil Toyota hybrid tidah hanya akan dipasarkan untuk domestik, namun juga untuk pasar mancanegara atau ekspor.
Dany Saputra
Dany Saputra - Bisnis.com 10 April 2021  |  14:52 WIB
Pekerja di Pabrik Toyota Indonesia. /TMMIN
Pekerja di Pabrik Toyota Indonesia. /TMMIN

Bisnis.com, JAKARTA — Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) memastikan akan meluncurkan produksi mobil hybrid (Hybrid Electric Vehicle/ HEV) pada 2022.

Direktur Administrasi, Korporasi, dan Hubungan Eksternal PT TMMIN Bob Azzam mengatakan produksi mobil hybrid dalam negeri akan mengambil basis dari model yang sudah diproduksi dan dipasarkan di Indonesia.

“Saya sampaikan bahwa tahun depan kita akan mulai meluncurkan produksi-produksi dalam negeri yang berteknologi hybrid, jadi dari model yang sudah ada. Nanti lihat saja model yang paling possible untuk dijadikan hybrid apa saja,” kata Bob dalam acara virtual perayaan 50 Tahun Toyota di Indonesia belum lama ini. 

Nantinya produksi mobil Toyota hybrid tidah hanya akan dipasarkan untuk domestik, namun juga untuk pasar mancanegara atau ekspor.

“Mudah-mudahan ini jadi hadiah ulang tahun, tapi delivery-nya tahun depan,” kata Bob.

Saat ini salah satu tulang punggung penjualan Toyota adalah Avanza dan Innova. Kedua mobil ini menjadi penguasa pada segmen LMPV dan MPV. 

Adapun, produksi kendaraan bermotor dengan teknologi hibrida di dalam negeri merupakan upaya untuk mendukung program elektrifikasi nasional. Produksi kendaraan tersebut nantinya akan dilaksanakan di pabrik Toyota, Karawang, Jawa Barat.

Toyota Indonesia mulai memperkenalkan teknologi elektrifikasi sejak 2009 dengan menghadirkan Prius plug-in hybrid (PHEV). Sejak saat itu, Toyota terus memenuhi segmen elektrifikasi di Tanah Air.

Saat ini, Toyota tercatat memiliki 10 model pilihan elektrifikasi, mulai dari hibrida, PHEV, dan mobil listrik baterai. Model-model itu antara lain Prius PHEV, Camry Hybrid, Corolla Cross Hybrid, Corolla Altis Hybrid, Alphard Hybrid, dan Lexus UX 300e.

Baca Juga : Mitsubishi Pastikan Produksi Mobil Listrik di Indonesia

Sementara itu, sebelumnya Toyota Motor  telah berkomitmen menambah investasi senilai Rp28 triliun hingga 2024. 

"Setidaknya, dalam 5 tahun ke depan, Toyota sudah menyiapkan 10 jenis kendaraan listrik bagi konsumen Indonesia," kata Asia Region CEO Toyota Motor Corporation Yoichi Miyazaki.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Mobil Listrik otomotif toyota
Editor : Muhammad Khadafi

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top