Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Shell Buka Stasiun Mobil Listrik Pertama di Indonesia

Shell Recharge saat ini tersedia di SPBU Shell Pluit 1, Jakarta Utara dengan daya pengisian fast charging sebesar 50 kW.
Shell Indonesia memperkenalkan SPKLU Shell Recharge. ANTARA
Shell Indonesia memperkenalkan SPKLU Shell Recharge. ANTARA

Bisnis.com, JAKARTA – Shell memperkenalkan Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) pertama miliknya di Indonesia, yaitu Shell Recharge.

“Shell Recharge merupakan salah satu wujud komitmen Shell Indonesia untuk menghadirkan lebih banyak solusi dalam penyediaan energi yang lebih bersih,” tulis keterangan resmi Shell, yang diterima Bisnis pada Senin (29/3/2021).

Shell Recharge saat ini tersedia di SPBU Shell Pluit 1, Jakarta Utara dengan daya pengisian fast charging sebesar 50 kW. Proses pengisian daya dari 0 sampai dengan 80 persen diklaim dapat dilakukan dalam waktu sekitar 30 menit.

Shell Indonesia menyatakan bahwa saat ini perusahaan sedang melakukan pengujian layanan Shell Recharge. Pelayanan pada SPBU Shell Pluit Selatan 1 ini dilakukan dengan menggunakan pasokan listrik dari PT PLN (Persero).

“Kehadiran Shell EV Recharge ini merupakan bukti komitmen kuat kami yang selalu mendukung agenda pemerintah dalam penyediaan energi yang lebih bersih dan energi terbarukan,” tulis Shell Indonesia.

Keinginan pemerintah untuk mendorong penggunaan kendaraan listrik di Indonesia disambut positif para pelaku industri. PLN Unit Induk Distribusi Jakarta Raya (PLN UID Disjaya), semisal, berkomitmen mendukung percepatan kendaraan elektrifikasi di Jakarta.

“Prinsipnya, kami sangat siap untuk mendukung transportasi listrik. Dalam rangka Jakarta Langit Biru ini,” General Manager PLN UID Disjaya, Doddy Pangaribuan, beberapa waktu lalu.

Selama ini, PLN UID Disjaya memasok aliran listrik dengan kapasitas 10.301 megawatt di Jakarta. Dia mencatat kebutuhan listrik Ibu Kota saat kondisi normal hanya 4.300 yang disalurkan melalui 59 gardu induk.

Dengan demikian, PLN Disjaya masih masih memiliki cadangan pasokan listrik sebesar 150 persen dari total kebutuhan Jakarta. Cadangan ini diklaim mampu menopang kebutuhan kendaraan listrik.

Untuk menunjang kebutuhan listrik kendaraan pribadi, PLN menyediakan 1.847 SPKLU kendaraan roda dua. Sementara, SPKLU untuk kendaraan roda empat berada di lima lokasi, yani di kawasan Gambir, Bulungan, Senayan City, Aeon BSD, dan Supermall Karawaci.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Dionisio Damara
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper