Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Jangan Sembarangan, Begini Cara Membersihkan Grill Mobil

Berikut cara membersihkan grill mobil yang baik dan benar.
Membersihkan grill mobil. /Ilustrasi
Membersihkan grill mobil. /Ilustrasi

Bisnis.com, JAKARTA — Grill mobil adalah bagian yang menjadi satu fokus bagian depan suatu mobil. Posisinya yang berada di tengah, menjadi identitas tersendiri.

Namun ternyata grill mobil ini bukan cuma sebatas aksesoris. Bagian mobil ini memiliki fungsi yang sangat penting untuk mencegah mesin overheat. Melalui rongga grill mobil, udara masuk dari luar sehingga bisa menjaga suhu ideal mesin secara optimal.

Fungsi grill hilang apabila mobil mengandalkan baterai sebagai sumber tenaga. Pada mobil listrik tidak membutuhkan sirkulasi udara seperti mesin konvensional. 

Mengutip laman Daihatsu.co.id, untuk memastikan grill tampil sempurna, ada baiknya, Anda mengikuti beberapa langkah ini: 

1. Alat dan Bahan yang Digunakan

Cukup sediakan sikat gigi, kuas, kain katun, sampo mobil, air, dan wax. Keenamnya akan membantu Anda membersihkan debu yang menempel di setiap rongga grill mobil dengan mudah. Untuk air dan shampo mobil campurkan dengan takaran 1:3 untuk. 

2. Oles dan Diamkan

Saat mengoleskan campuran air dan sampo jangan langsung dilap ya, Sahabat. Diamkan dahulu hingga beberapa saat supaya debu dan kotoran terangkat. Oleskan dengan sikat gigi.

Saat dirasa cairan cukup untuk mengangkat kotoran di permukaan grill, sikat dengan perlahan dengan sikat gigi yang sama. Ingat, jangan keras-keras nanti akan membuat grill menjadi lecet atau tergores.

3. Lap dengan Kain Katun

Menggunakan kain katun bukan tanpa alasan. Kain ini memiliki serat yang halus dan mudah untuk menyerap air. Dengan kain sehalus katun, dipastikan tidak akan meninggalkan bekas goresan di permukaan grill mobil.

Bersihkan sisa cairan shampo dan bekas sikatan di permukaan grill dengan cermat ya. Jangan sampai menyisakan bekas, terutama di bagian rongga grill mobil.

4. Wax supaya Lebih Mengilap

Wax berfungsi untuk membuat grill tampak lebih mengilap. Karena terletak di tengah depan mobil tentu saja harus terlihat lebih kinclong dibanding sisi-sisi yang lain.

Hal yang perlu diingat dalam menggunakan wax adalah tidak perlu dengan sekuat tenaga, karena justru dapat menggores permukaan grill.

5. Grill Berjamur

Jangan termakan hoaks untuk membersihkan grill berjamur menggunakan pasta gigi. Hal ini justru bisa menimbulan kerusakan yang lebih parah. Bersihkan jamur dengna cairan khusus untuk membersihkan jamur. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Muhammad Khadafi
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper