Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Wow! Nissan Promosikan 800 Pekerja Kontrak di Jepang Jadi Karyawan Tetap

Nissan mengumumkan untuk mengurangi biaya tetap tahunan lewat langkah-langkah, seperti penutupan jalur produksi dan pemotongan kapasitas sebesar 20 persen.
Logo Nissan Motor di kantor pusat di Yokohama, Jepang, 13 Februari 2020. - REUTERS
Logo Nissan Motor di kantor pusat di Yokohama, Jepang, 13 Februari 2020. - REUTERS

Bisnis.com, JAKARTA – Nissan Motor Company akan mempromosikan semua pekerja kontraknya di Jepang menjadi karyawan tetap (kartap) untuk memangkas biaya serta berinvestasi dalam kualitas sumber daya manusia.

Azusa Momose, Juru Bicara Nissan, menuturkan bahwa 800 pekerja kontrak akan dipromosikan menjadi kartap mulai April. Selain itu, Nissan juga akan menghapus sistem perekrutan pekerja kontrak.

“Ini akan membantu meningkatkan kesatuan tempat kerja, meningkatkan efisiensi operasional, meningkatkan motivasi karyawan dan memungkinkan peningkatan lebih lanjut dari tenaga kerja kami,” kata Momose, dikutip dari Bloomberg, Senin (18/1/2021).

Keputusan Nissan untuk mempromosikan ratusan pekerja kontrak menjadi kartap merupakan langkah percaya diri perusahaan untuk menyambut prospek bisnisnya ke depan, setelah sebelumnya memutuskan untuk memotong biaya tetap tahunan senilai 300 miliar yen.

Bloomberg mencatat pemotongan itu memberi kemampuan lebih bagi Nissan untuk mempertahankan personel terampil dengan mempekerjakan mereka secara waktu penuh.

Pada Mei 2020, Nissan mengumumkan untuk mengurangi biaya tetap tahunan lewat langkah-langkah, seperti penutupan jalur produksi dan pemotongan kapasitas sebesar 20 persen.

Hal ini terjadi setelah pembuat mobil Jepang itu membukukan kerugian bersih 671 miliar yen untuk tahun fiskal yang berakhir Maret. Kerugian terbesar dalam 20 tahun terakhir.

Sementara itu, perusahaan juga membukukan kerugian operasional 4,8 miliar yen untuk kuartal Juli-September, menyusut secara signifikan dari kerugian kuartal sebelumnya yang mencapai 154 miliar yen.

Namun, Nissan memperkirakan kerugian bersih untuk tahun fiskal yang berakhir Maret 2021 mencapai 615 miliar yen. Apabila kinerja perusahaan gagal pulih, promosi kartap mungkin terbukti akan menjadi hambatan.

Di Jepang, pekerja penuh waktu secara hukum jauh lebih sulit diberhentikan daripada pekerja kontrak yang dapat diberhentikan setelah masa kontrak mereka berakhir.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper