Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Avanza Lepas Predikat Mobil Terlaris, Begini Tanggapan Toyota

Meski tidak lagi memegang predikat mobil terlaris di Tanah Air, Avanza masih tetap merajai segmen MPV.
Dionisio Damara
Dionisio Damara - Bisnis.com 28 Desember 2020  |  14:09 WIB
Toyota Avanza.  - TAM
Toyota Avanza. - TAM

Bisnis.com, JAKARTA – PT Toyota Astra Motor (TAM), selaku pemegang merek Toyota di Indonesia, memberikan tanggapan atas lengsernya Avanza-Veloz dari puncak mobil terlaris di Indonesia pada tahun ini.

Berdasarkan data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), Avanza membukukan wholesales 31.883 unit sepanjang Januari–November 2020. Raihan ini menempatkan Avanza di nomor tiga mobil terlaris di bawah Honda Brio dan Suzuki Carry.

Menanggapi hal tersebut, Marketing Director TAM Anton Jimmy Suwandi mengatakan bahwa perusahaan lebih cenderung berfokus pada kinerja penjualan ritel dari Avanza, ketimbang terpaku pada penjualan dari pabrik ke dealer atau wholesales.

Wholesales adalah suplai ke dealer, kami lebih melihat penjualan ritel karena ini penjualan langsung ke konsumen,” ujar Anton kepada Bisnis, Senin (28/12/2020).

Anton menuturkan penjualan ritel Avanza sepanjang Januari – November 2020 masih sangat baik, dengan jumlah mencapai 35.558 unit. Angka itu membuat Avanza menguasai 37 persen pangsa pasar di segmen multipurpose vehicle (MPV) yang mencapai 96.205 unit.

Di sisi lain, meski tidak lagi memegang predikat mobil terlaris di Tanah Air, Avanza masih tetap merajai segmen MPV. Gaikindo mencatat Avanza kembali memuncaki daftar MPV terlaris pada November 2020 dengan penjualan wholesales sebanyak 3.888 unit.

Adapun, Mitsubishi Xpander menjadi penantang serius Avanza di segmen MPV dengan total penjualan mencapai 1.139 unit. Jumlah ini menempatkan Xpander sebagai mobil MPV terlaris nomor dua, sedangkan posisi ketiga dihuni Suzuki Ertiga dengan 768 unit penjualan.

Daihatsu Xenia mengisi peringkat keempat mobil MPV terlaris dengan distribusi ke dealer sebanyak 437 unit pada November 2020. Sementara itu, Honda Mobilio harus puas di peringkat kelima dengan capaian wholesales 358 unit.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

toyota penjualan mobil
Editor : Amanda Kusumawardhani

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top