Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Penjualan Mobil Sepi, Toyota Luncurkan Shodoku Taishi

Di tengah pasar mobil yang melambat akibat pandemi COvid-19, Toyota Motor mengumumkan peluncuran Shodoku Taishi, sebuah stan pembersih yang dapat dioperasikan dengan kaki. Alat ini akan tersedia di dealer Toyota di seluruh Jepang mulai 1 Desember 2020.
Shodoku Taishi, sebuah stan pembersih tangan yang dapat dioperasikan dengan kaki. /Toyota
Shodoku Taishi, sebuah stan pembersih tangan yang dapat dioperasikan dengan kaki. /Toyota

Bisnis.com, JAKARTA – Di tengah pasar mobil yang melambat akibat pandemi COvid-19, Toyota Motor mengumumkan peluncuran Shodoku Taishi, sebuah stan pembersih tangan yang dapat dioperasikan dengan kaki. Alat ini akan tersedia di dealer Toyota di seluruh Jepang mulai 1 Desember 2020.

Shodoku Taishi pertama kali diproduksi pada April 2020 di bawah inisiatif karyawan pabrik Toyota, untuk mencegah penyebaran pandemi Covid-19 di area produksi. Pembuatannya memanfaatkan teknologi Toyota Production System (TPS).

“Toyota berkomitmen untuk berkontribusi kepada masyarakat melalui pembuatan produk berkualitas tinggi dan murah yang memberikan ketenangan pikiran dan keamanan di seluruh dunia,” tulis keterangan resmi Toyota, dikutip pada Jumat (27/11/2020).

Shodoku Taishi, yang secara harfiah memiliki arti duta pembersih, telah digunakan di sejumlah institusi perawatan kesehatan dan beberapa dealer, serta fasilitas komersial dan kantor pemerintah di Prefektur Aichi, Jepang.

Berdasarkan saran dari pengguna, Toyota telah memodifikasi stan tersebut, sehingga sejumlah bagiannya dengan mudah dapat dibersihkan. Selain itu, untuk bisa digunakan para pengguna kursi roda, bobot alat ini telah dikurangi dari 6 kg menjadi 3,2 kg.

Memanfaatkan teknologi dan pengetahuan dalam pembuatan mobil, Toyota berhasil menghasilkan sekitar 30 versi prototipe dan telah membuat perbaikan menyeluruh untuk persiapan komersialisasi.

Tim pengembang bersikeras menciptakan produk yang mudah digunakan dan berkualitas baik dengan harga yang terjangkau. Produksi alat ini ditargetkan mencapai 2.000 unit hingga 2.500 unit tiap bulannya.

Tindakan tersebut merupakan bagian dari inisiatif Toyota untuk menyediakan barang dan jasa yang membawa kebahagiaan bagi masyarakat dunia sesuai dengan pernyataan CEO Toyota, Akio Toyoda.

“Toyota akan dengan sungguh-sungguh berusaha untuk mencapai target pembangunan berkelanjutan dan Tujuan Pembangunan Berkelanjutan [SDGs], yang sedang dikejar oleh masyarakat internasional dengan tujuan tidak meninggalkan siapa pun,” ujar Toyoda.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Dionisio Damara
Editor : Fatkhul Maskur
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper