Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Di Vietnam, Toyota Innova 2021 Diprediksi Sulit Saingi Mitsubishi Xpander

Meski telah mendapatkan sejumlah peyegaran, Toyota Innova 2021 yang meluncur di Vietnam pada 10 Oktober 2020 dinilai sulit menyaingi Mitsubishi Xpander di segmen multipurpose vehicle (MPV).
Desain gambar mirip Toyota Innova. /Hum3D.
Desain gambar mirip Toyota Innova. /Hum3D.

Bisnis.com, JAKARTA - Meski telah mendapatkan sejumlah peyegaran, Toyota Innova 2021 yang meluncur di Vietnam pada 10 Oktober 2020 dinilai sulit menyaingi Mitsubishi Xpander di segmen multipurpose vehicle (MPV).

Dikutip dari Zingnews, Vietnam menjadi negara pertama di dunia yang menjadi tempat peluncuran Innova terbaru. Innova hadir di Vietnam lebih dari empat tahun. Namun, dua tahun terakhir, model ini bersaing ketat dengan Xpander.

Pada penghujung 2018, Innova masih menjadi yang terdepan di segmen MPV, sementara Xpander baru saja diluncurkan beberapa bulan sebelumnya. Penjualan Innova pada 2018 mencapai 14.581 unit, 10 kali lipat dari peringkat kedua, Kia Rondo (1.423 unit). Model ini pun menyumbang 83,8 persen pangsa pasar MPV.

Memasuki tahun berikutnya, Xpander secara resmi menyalip Innova. Hingga akhir 2019, Xpander telah terjual lebih dari 20.000 unit dan menguasai 55,5 persen pasar MPV. Sementara Innova membukukan 12.164 unit dan pangsa 33,36 persen.

Tahun ini, persaingan antara Innova dan Xpander tidak terlalu mengejutkan. Xpander masih unggul dibandingkan Innova hingga September 2020. Xpander mencatatkan penjualan 9.906 unit, sedangkan Innova 3.338 unit.

Selain dari Xpander, Innova juga mendapat tekanan dari model kecil tujuh kursi lainnya, seperti Suzuki Ertiga, Mitsubishi Xpander Cross, atau Suzuki XL7.

Pakar otomotif Vietnam Nguyen Son mengatakan kemenangan Xpander di pasar Vietnam disebabkan oleh harga jual yang kompetitif. Xpander dipasarkan VND 200 - 300 juta, sementara Innova versi lama dibanderol VND 771 - 971 juta.

Di saat yang sama, fakta bahwa Xpander masih cukup nyaman dan memiliki biaya lebih hemat telah membuat konsumen di Vietnam secara bertahap beralih membeli MPV serta SUV kecil untuk menggantikan mobil menengah seperti Toyota Innova.

Sementara itu, penyegaran pada Innova 2021 dinilai belum diterima baik oleh konsumen. Menurut laporan Zingnews, para konsumen berkomentar bahwa model baru Innova tidak sama sekali berubah. Mereka menyebutnya seperti anggur lama di dalam botol baru.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Dionisio Damara
Editor : Fatkhul Maskur
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper