AHM Kembangkan Safety Riding Secara Daring

AHM bersama jaringan main dealer melaksanakan edukasi keselamatan berkendara secara daring.
Foto: Dok. PT Astra Honda Motor (AHM)
Foto: Dok. PT Astra Honda Motor (AHM)

Bisnis.com, JAKARTA – Pandemi Covid 19 melahirkan tantangan tersendiri bagi sejumlah perusahaan. Salah satunya bagi PT Astra Honda Motor (AHM) dalam melanjutkan konsistensinya mengembangkan budaya aman dan nyaman berkendara di Tanah Air.

Instruktur safety riding Honda pun berkreasi mengembangkan materi dan metode penyampaian pelatihan berkendara aman. Jika sebelumnya dilakukan secara teori dan praktik, kini dilakukan secara daring.

Agar lebih interaktif, materi yang digunakan banyak berbentuk visual seperti gambar ilustrasi dan video hingga alat pratek seperti sepeda motor, helm, Jaket serta perlengkapan pendukung lainnya.

Sepanjang September, AHM bersama jaringan main dealer melaksanakan edukasi keselamatan berkendara secara daring yang diikuti ke 2.468 mahasiswa di 26 universitas di berbagai wilayah di Indonesia.

Bertema “Sarjana #Cari_aman Meraih Impian,”para mahasiswa secara daring dilatih berkedara aman dan sehat baik sebelum, saat berkendara ataupun sesudah naik motor di masa pandemi.

GM Corporate Communication AHM Ahmad Muhibbuddin mengungkapkan di awal tahun ini perusahaan memberikan edukasi safety riding secara langsung terhadap 59.500 biker. Memasuki April, edukasi keselamatan berkendara dilakukan secara daring.

“Mengembangkan budaya aman berkendara tidak boleh terhenti oleh pandemi. Kami pun harus adaptif dan kreatif. Didukung pihak kepolisian dan instansi lain, setidaknya selama Pandemi hingga September ini, kami sudah melatih safety riding 41.880 orang melalui 429 kegiatan daring,” ungkapnya

Peserta edukasi safety riding secara daring ini sangat beragam. Mulai pelajar SLTA, mahasiswa, hingga anggota komunitas sepeda motor Honda yang identik dengan kelompok pengendara motor yang senang touring atau pun sekedar city rolling.Puncak kegiatan daring ini berlangsung dari AHM Safety Riding Park, Deltamas, Bekasi diikuti 103 mahasiswa Universitas Indonesia (30/9).

AHM Safety Riding Park

AHM Safety Riding Park merupakan pusat pelatihan Safety Riding Honda terbesar di kawasan Asia Tenggara yang juga bagian Astra Honda Motor Safety Riding and Training Center (AHMSRTC). Diperkenalkan pada Agustus, AHM Safety Riding Park dibangun untuk membangun budaya keselamatan berkendara melalui upaya tersetruktur meningkatkan pemahaman dan keterampilan berkendara.

Terletak di Greenland International Industrial Centre (GICC) Kota Deltamas, Cikarang, fasilitas ini berdiri di atas lahan 8,5 hektar. Mampu melatih berkendara 15.000 orang per tahun dengan berbagai sarana dan fasilitas edukasi yang lengkap. Untuk praktik berkendara, AHM Safety Riding Park memiliki safety riding course dengan karakter kontur yang disesuaikan dengan kondisi jalan di Indonesia, baik kondisi jalan aspal maupun kondisi jalan off-road.

Berdiri di atas lahan 4 hektar, area ini digunakan untuk belajar beragam teknik berkendara sepeda motor yang aman, sepertipengereman, teknik keseimbangan, teknik menikung, teknik melewati jalanan bergelombang, menanjak dan menurun serta teknik memprediksi bahaya.

AHM Kembangkan Safety Riding Secara Daring

AHMSRP juga dilengkapi Kids Traffic Park yang dapat menampung pelatihan terhadap 2.000 anak per tahun. Selain rambu lalu lintas, anak usia dini dapat belajar cara menyebrang jalan yang aman menggunakan jalur penyeberangan, dan cara berinteraksi dengan pengguna jalan lain dengan berbagai alat peraga yang tersedia. AHM Safety Riding Park juga memiliki ruang kelas, ruang ujian, ruang simulator, asrama, auditorium hingga sarana olahraga dan ruangan penunjang lainnya.

“Kami ingin fasilitas ini dapat melahirkan sebanyak mungkin duta keselamatan berkendara. Fasilitas baru ini menyempurnakan apa yang telah kami lakukan selama 18 tahun dalam mengampanyekan keselamatan berkendara” ujar Muhibbuddin.

Fasilitas ini dapat digunakan masyarakat umum pengguna sepeda motor untuk belajar mengenai keselamatan berkendara. Beragam kegiatan edukasi pelatihan Safety Riding yang disiapkan dan dilaksanakan di fasilitas AHMSRP ini akan dibuka dengan menyesuaikan protocol kesehatan yang berlaku, sehingga kegiatan berbagi ilmu keselamatan berkendara ini dapat berlangsung maksimal.

AHM bersama jaringan Main Dealer Honda juga telah memiliki 8 pusat pelatihan safety riding yang tersebar di daerah Serang, Jambi, Tangerang, Yogyakarta, Surabaya, Pekanbaru, Medan dan Bandung. Dengan bertambahnya pusat pelatihan safety riding di Deltamas, kampanye keselamatan berkendara dapat semakin berdampak luas di tengah masyarakat.

Selain Safety Riding Center, sejak 2017 AHM juga mengembangkan safety riding lab di beberapa SMK mitra binaan, seperti di SMK MitraIndustri MM2100 CikarangBekasi, SMK Walisongo Menes, Banten dan SMK PABA Binjai, Sumatera Utara.

Safety Riding Lab di SMK ini dikembangkan dengan menyiapkan tiga zona, yakni Zona Audio-Visual, Zona Simulasi dan Zona Praktik. Zona Audio-Visual menjadi sarana bagi siswa melakukan aktifitas seperti ruang pembuatan blog dan pembahasan fotografi yang didapat pada setiap kegiatan safety riding.

Zona Simulasi yang berdinding tiga dimensi layaknya di jalan raya dilengkapi alat praktik Honda Riding Trainer menjadi tempat siswa berlatih berkendara aman secara virtual. Sementara itu, Zona Praktik berfungsi sebagai area praktik berkendara langsung yang lengkap dengan tekstur berbagai kondisi jalan dan rambu-rambu lalulintas.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Media Digital
Editor : Media Digital
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

# Hot Topic

Rekomendasi Kami

Foto

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper