Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Di Tengah Pandemi, Toyota Berhasil Tingkatkan Pangsa Pasar

Berdasarkan data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), total penjualan retail Toyota selama delapan bulan pertama 2020 mencapai 115.553 unit.
Dionisio Damara
Dionisio Damara - Bisnis.com 29 September 2020  |  19:51 WIB
Kijang Innova TRD Sportivo Limited. Toyota
Kijang Innova TRD Sportivo Limited. Toyota
Bisnis.com, JAKARTA -  Toyota Astra Motor tetap mampu meningkatkan pangsa pasar di tengah melemahnya sektor otomotif akibat pandemi Covid-19,
Sepanjang Januari hingga Agustus 2020, Toyota mencatatkan pangsa pasar 31,7 persen dari total penjualan retail nasional yang mencapai 364.034 unit. Adapun periode yang sama tahun lalu, Toyota membukukan pangsa pasar sebesar 31,4 persen.

"Seiring berjalannya waktu sedikit recovery. Penjualan tiap bulannya sudah mengarah ke angka 30.000 dan Toyota di atas 13.000 mobil,” kata Marketing Director PT Toyota Astra Motor Anton Jimmi Suwandy dalam Workshop Wartawan Industri 2020, Selasa (29/9/2020).
Berdasarkan data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), total penjualan retail Toyota selama delapan bulan pertama 2020 mencapai 115.553 unit. Jumlah ini turun 45,7 persen dibandingkan periode yang sama tahun lalu.
Sementara dari penjualan pabrik ke dealer (wholesales), Toyota membukukan 97.728 unit, merosot 54 persen dibandingkan periode tahun lalu yang membukukan 212.599 unit.
Anton menyatakan bahwa TAM saat ini cenderung fokus mempertahankan pangsa pasar daripada menargetkan pertumbuhan penjualan. Untuk itu, perusahaan akan mendorong pasar dengan meluncurkan produk baru.
Produk baru itu diantaranya Corolla Cross, kijang Innova TRD Sportivo Limited, Sienta Welcab, New GR Supra, New Hilux, New Yaris, dan New Agya.
"Kami berharap dengan produk ini bisa mendapatkan penerimaan yang baik di pasar, contoh Corolla Cross hasilnya cukup baik data yang saya dapatkan per 26 September ekspektasinya sudah mencapai 531 unit, dan tentu saja ini sudah melebihi dari harapan kami," tuturnya.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

toyota
Editor : Amanda Kusumawardhani
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top