Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Toyota Luncurkan Teknologi Cegah Kecelakaan Akibat Salah Injak Pedal Gas

Toyota Motor Corporation (Toyota) meluncurkan Sistem Penekanan Percepatan untuk mencegah kecelakaan dan mengurangi kerusakan yang disebabkan oleh kesalahan dalam menginjak pedal akselerator.
Fatkhul Maskur
Fatkhul Maskur - Bisnis.com 01 Juli 2020  |  17:50 WIB
Pedal gas.  - ANTARA
Pedal gas. - ANTARA

Bisnis.com, JAKARTA - Toyota Motor Corporation (Toyota) meluncurkan Sistem Penekanan Percepatan untuk mencegah kecelakaan dan mengurangi kerusakan yang disebabkan oleh kesalahan dalam menginjak pedal akselerator.

Sistem Penekanan Percepatan disebut sebagai Plus Support untuk mobil baru, sekaligus menambahkan fungsi tersebut pada retrofit Pedal Misapplication Acceleration Control System II untuk digunakan pada mobil yang ada.

Pada 2012, Toyota memperkenalkan Intelligent Clearance Sonar (ICS) untuk kendaraan baru dan sejak 2018 telah meluncurkan retrofit Pedal Misapplication Acceleration Control System untuk kendaraan yang ada.

Sistem ini membantu mencegah kecelakaan akibat kesalahan penerapan pedal akselerator ketika sensor mendeteksi rintangan seperti dinding atau kaca.

Menurut data yang dikonfirmasi oleh Toyota, ICS membantu mencegah sekitar 70 persen dari semua potensi kecelakaan akibat kesalahan penerapan pedal akselerator. Namun, teknologi baru perlu dikembangkan untuk mengurangi jumlah kecelakaan yang tersisa, termasuk kecelakaan dalam situasi di mana hambatan tidak ada.

Pada tahap pengembangan kali ini, Toyota pertama kali melihat kecelakaan yang sebenarnya di mana penyebabnya ditentukan menjadi kesalahan penerapan pedal akselerator, dan menganalisis situasi di mana pedal akselerator ditekan sepenuhnya.

Berikut ringkasan informasi mengenai Plus Support dan Pedal Misapplication Acceleration Control System II yang menawarkan fungsi penekanan percepatan.

Plus Support

- Digunakan pada kendaraan baru (kendaraan dengan ICS)

- Sistem ini termasuk dalam model Prius dan Prius PHV yang diluncurkan pada 1 Juli, dan secara bertahap akan diluncurkan ke model lain.

- Plus Support dimulai secara otomatis ketika pintu kendaraan tidak dikunci menggunakan Plus Support Smart Key (opsi dealer, mulai dari 13.200 yen, termasuk pajak) untuk pelanggan yang khawatir tentang mengemudi. Sekalipun rintangan tidak ada di jalur kendaraan, sistem ini mendeteksi kesalahan penerapan pedal akselerator dan menekan akselerasi.

- Selain ICS, yang mendeteksi rintangan, menekan akselerasi, dan menerapkan rem, Dukungan Plus bertujuan untuk lebih jauh mencegah kecelakaan serius dan membantu mengurangi kerusakan yang disebabkan oleh kesalahan penerapan pedal akselerator.

- Ketika pintu kendaraan tidak dikunci menggunakan kunci konvensional, Plus Support  tidak diaktifkan, dan mengemudi dapat dilakukan seperti biasa.

Sistem Kontrol Akselerasi Misaplikasi Aplikasi II

- Digunakan pada mobil yang ada (perangkat retrofit).

- Dipasang di model Prius. Dukungan akan ditawarkan untuk lebih banyak model di masa depan (¥ 38.500, termasuk pajak, tidak termasuk biaya pemasangan dan lainnya)

- Produk ini menambahkan fungsi penekan akselerasi ke "Sistem Kontrol Percepatan Akselerasi Pengaplikasian Pedal yang ada", menekan akselerasi ketika kesalahan penerapan pedal terdeteksi, bahkan jika tidak ada penghalang di depan kendaraan.

- Selain fungsi-fungsi yang ditawarkan oleh sistem yang ada yang menekan akselerasi ketika suatu hambatan terdeteksi di depan kendaraan dan menekan akselerasi saat membalikkan, sistem ini bertujuan untuk mencegah kecelakaan serius dan mengurangi kerusakan yang disebabkan oleh penerapan yang salah dari akselerator, terlepas dari apakah ada hambatan hadir saat membalikkan.

-Toyota telah meningkatkan fungsi sambil merevisi konfigurasi sistem, sehingga menghasilkan produk yang harganya 17.600 yen lebih murah dari produk yang ada.

- Sistem ini sesuai dengan sistem sertifikasi kinerja yang dikembangkan oleh Kementerian Pertanahan, Infrastruktur, Transportasi dan Pariwisata pada bulan April 2020 untuk sistem penekanan percepatan kesalahan penerapan pedal retrofit. (Sistem menerima persetujuan pertama dari kementerian.)

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

toyota Fitur Keselamatan
Editor : Fatkhul Maskur
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top