Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Kuartal I/2020, Penjualan APM Serempak Turun

Sepanjang tiga bulan pertama 2020, kinerja penjualan agen pemegang merek (APM) menunjukkan tren penurunan. Namun, di tengah pelemahan pasar, masih ada sejumlah merek yang mencatatkan kinerja positif.
Display penjualan mobil baru di salah satu dealer Honda di Jakarta, Selasa (28/1/2020). Bisnis/Arief Hermawan P
Display penjualan mobil baru di salah satu dealer Honda di Jakarta, Selasa (28/1/2020). Bisnis/Arief Hermawan P

Bisnis.com, JAKARTA - Sepanjang tiga bulan pertama 2020, kinerja penjualan agen pemegang merek (APM) menunjukkan tren penurunan. Namun, di tengah pelemahan pasar, masih ada sejumlah merek yang mencatatkan kinerja positif.

Berdasarkan data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), penjualan ritel nasional membukukan 219.361 unit, turun 15,9% dibandingkan kinerja penjualan tahun lalu sebanyak 260.804 unit.

Penurunan secara nasional itu diikuti oleh melemahya permintaan terhadap merek-merek besar, seperti Toyota dan Honda yang sama-sama turun sebesar 12,5%, diikuti Daihatsu sebesar 17,5% dan Mitsubishi 35,3%.

Selain itu, lemahnya penjualan turut melanda Mitsubishi Fuso yang terkoreksi sebesar 17,5%, dilanjutkan Isuzu 10,2%, dan Hino sebanyak 42,1%.

Yusak Billy, Bussines Innovation & Sales Marketing Director PT Honda Prospect Motor (HPM), mengatakan kondisi pasar di kuartal pertama 2020 memang cenderung turun dibandingkan tahun lalu karena sejumlah faktor, seperti banjir di awal tahun dan pembatasan aktivitas akibat pandemi virus corona.

"Penjualan Honda juga terdampak penurunan pasar, meskipun permintaan untuk model Honda Brio Satya masih cukup baik. Kuartal kedua kemungkinan masih akan terdampak oleh efek pandemi saat ini," tuturnya kepada Bisnis, Rabu (29/4/2020).

Menurutnya, meski diperkirakan memburuk, masih sulit dan terlalu dini untuk memprediksi secara pasti kondisi pasar di kuartal kedua karena situasi berubah begitu cepat. Dia berharap pelemahan tidak berlangsung lama dan pasar dapat segera bangkit.

Di sisi lain, sejumlah APM justru mencatatkan pertumbuhan di tengah pelemahan, di antaranya adalah Suzuki, DFSK, BMW Group (BMW dan Mini), dan Lexus. Suzuki tumbuh 7,9% secara tahunan, sementara DFSK melesat 188%, diikuti BMW 2,9% beserta Mini 16%, dan Lexus tumbuh 2,7%.

Arviane D. Bahar, Public Relation dan Digital Manager PT Sokonindo Automobile (DFSK) mengatakan peningkatan terjadi karena pada 2019 DFSK hanya menjual 2 model, yakni Glory 580 dan Super Cab. Sementara tahun ini menjual 3 model ditambah Glory 560.

"Berdasarkan segmennya, penjualan kendaraan komersial kami berkontribusi 61% dari total penjualan, sementara kendaraan penumpang 39%," kata Arvianne.

Dia menambahkan, Super Cab menjadi tulang punggung penjualan DFSK pada tiga bulan pertama tahun ini dengan kontribusi 61%, diikuti 30% penjualan Glory 560, dan 8% Glory 580.

Sementara itu, General Manager Lexus Indonesia Adrian Tirtadjaja menyebutkan dari total penjualan sebanyak 271 unit, model sport utility vehicle (SUV) menjadi penyumbang terbesar dengan kontribusi sebesar 84,5%.

Sepanjang tiga bulan pertama ini, penjualan pabrik ke dealer atau wholesales juga mengalami pelambatan sebesar 7,9%, dari 255.191 unit pada 2019, menjadi 236.825 unit. Adapun, kinerja produksi pabrikan meningkat 3,9% secara tahunan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Dionisio Damara
Editor : Fatkhul Maskur
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper