Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Jaga Momentum Penjualan Kendaraan, APM Tancap Gas Sejak Awal Tahun

Pertumbuhan penjualan kendaraan baru mulai membaik pada paruh kedua 2019 sehingga pelaku otomotif ingin terus mempertahankan momentum pada awal tahun ini.
Thomas Mola
Thomas Mola - Bisnis.com 22 Januari 2020  |  12:38 WIB
ilustrasi - Bisnis
ilustrasi - Bisnis

Bisnis.com, JAKARTA – Sejumlah merek otomotif langsung tancap gas pada awal tahun dengan merilis berbagai program penjualan dan produk baru guna menggaet konsumen. Hal ini tak lepas dari kinerja otomotif 2019 yang melempem.

Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) mencatat penjualan kendaraan pada 2019 sebanyak 1,02 juta unit, melambat 10,81% dibandingkan 2018. Pertumbuhan penjualan kendaraan baru mulai membaik pada paruh kedua 2019 sehingga pelaku otomotif ingin terus mempertahankan momentum pada awal tahun ini.

Suzuki misalnya, telah merilis pembaruan minor pada All New Suzuki Ertiga untuk kembali mengangkat penjualan model low multi purpose vehicle (LMPV) tersebut. Suzuki meningkatan tampilan interior Ertiga dan mengerek harga jual masing-masing tipe sebesar Rp4 juta.

“Setiap tahun selalu menyegarkan produk Suzuki berdasarkan masukkan dari pasar," ujar Dony Saputra, Marketing Director 4W PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) kepada Bisnis baru-baru ini.

Adapun, All New Ertiga merupakan model kedua terlaris bagi Suzuki di Tanah Air setelah model pikap New Carry. Sepanjang 2019, SIS mencatat penjualan retail LMPV tersebut sebanyak 26.377 unit.

Selain pembaruan produk, Suzuki juga menyediakan hadiah seperti ponsel pintar untuk pembelian kendaraan Suzuki pada awal tahun ini.

Pendekatan berbeda dilakukan oleh dealer utama Toyota, Auto2000. Salah satu dealer terbesar Toyota itu meluncurkan tiga progam penjualan.

Pertama, Toyota Funfest 2020 yang memberikan kesempatan bagi pembeli kendaraan Toyota untuk mengikuti undian berhadiah berupa 10 unit Toyota Innova Venturer, 10 unit Toyota Calya, dan 20 unit Apple Watch Series 4.

Kedua, Program Rate Special Spektakuler yang berlaku untuk pembelian model Avanza, Innova, Fortuner, Rush, Yaris dan Calya dengan memanfaatkan skema ADDB (Angsuran Dibayar Di Belakang) dan ADDM (Angsuran Dibayar Di Muka), DP (down payment) yang dibayarkan minimal 30% dengan tenor 1 – 5 tahun. Rate yang bisa didapatkan adalah 3,68% flat selama 3 tahun.

Ketiga, Special Program Auto2000 atau paket bunga sesuai tenor dengan rate yang disesuaikan dengan tenor yang diambil oleh konsumen. Untuk cicilan selama 12 bulan, bunga hanya 1%.

"Auto2000 ingin memberikan kemudahan untuk konsumen yang ingin membeli kendaraan baru dengan menawarkan berbagai program promo memikat di awal tahun ini," ujar Martogi Siahaan, Chief Executive Auto2000.

Tidak ingin ketinggalan, Mitsubishi Motors juga menggelar aktivitas Mitsubishi Motors Auto Show yang diselenggarakan di Central Park Mall, Jakarta, pada tanggal 15–19 Januari 2020. Selain menghadirkan sejumlah produk unggulan, Mitsubishi Motors juga mengundi Gebyar Hadiah Akhir Tahun yang merupakan promo penjualan yang dilakukan pada Oktober-Desember 2019.

“Kami menghadirkan program penjualan menarik bukan hanya sebagai bentuk promo, tetapi sebagai bentuk apresiasi kami terhadap pelanggan setia Mitsubishi Motors,” ujar Naoya Nakamura, President Director PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI).

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

penjualan mobil
Editor : Galih Kurniawan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top