Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Ini Dia Mobil Listrik yang Siap Meluncur di Indonesia Tahun Depan

Beberapa merek yang telah memberikan sinyal bakal menghadirkan kendaraan listrik pada 2020 antara lain Toyota, Nissan, DFSK, Hyundai, dan Wuling.
Toyota Prius PHEV/TMC
Toyota Prius PHEV/TMC

Bisnis.com, JAKARTA – Sejumlah pabrikan menyatakan siap merilis kendaraan listrik anyar di Indonesia pada tahun depan.

Hingga sejauh ini, beberapa merek yang telah memberikan sinyal bakal menghadirkan kendaraan listrik (electric vehicle/EV) pada 2020 antara lain Toyota, Nissan, DFSK, Hyundai, dan Wuling.

Sebagian besar kendaraan yang akan dirilis itu telah diperkenalkan kepada publik tetapi belum dipasarkan secara resmi. Berikut beberapa kendaraan listrik yang siap hadir di pasar Indonesia:

Toyota Prius PHEV

Toyota menyiapkan Prius PHEV sebagai salah satu model kendaraan listrik yang akan diperkenalkan tahun depan. Merek terlaris di Tanah Air itu sejatinya ingin merilis model itu pada tahun ini tetapi belum mengantongi izin dari principal.

Selain itu, Toyota juga harus memastikan layanan purnajual kendaraan listrik hybrida colokannya itu berjalan baik. Pasalnya, Prius PHEV merupakan model kendaraan listrik hibrida colokan pertama yang dirilis Toyota di Tanah Air mengingat selama ini Toyota hanya memasarkan model kendaraan hibrida.

Anton Jimmi Suwandy, Direktur Pemasaran PT Toyota Astra Motor (TAM) mengatakan rencana menghadirkan Prius PHEV merupakan bagian dari strategi untuk memperkenalkan kendaraan terelektrifikasi Toyota kepada konsumen di Indonesia.

Dia menjelaskan saat ini Prius PHEV masih menjalani uji tipe di Kementerian Perhubungan (Kemenhub). Segera setelah mendapatkan sertifikat uji tipe, TAM akan merilis mobil itu ke pasar di dalam negeri.

“Unitnya mungkin akhir tahun ini akan sampai ke Indonesia, tergantung dari uji tipenya pendaftarannya selesai awal tahun ini atau tahun depan. Jadi begitu selesai, kami akan launch, bisa di tahun ini atau di tahun depan,” katanya.

TAM juga memastikan harganya akan berada di bawah Rp1 miliar atau lebih rendah dari harga Mitsubishi Outlander PHEV yang telah dipasarkan pada tahun ini. Pasalnya, Prius PHEV tidak menggunakan pengerak 4x4 sehingga skema pajak penjualannya lebih rendah.

Ini Dia Mobil Listrik yang Siap Meluncur di Indonesia Tahun Depan

Nissan Note e-Power/Nissan Indonesia

Nissan Leaf & Note e-Power

Merek Jepang lainnya, Nissan juga tidak ingin ketinggalan dalam pengembangan mobil listrik. Nissan Motor Indonesia (NMI) memastikan akan merilis dua model kendaraan berteknologi listrik pada tahun depan yakni Nissan Leaf dan Nissan Note yang berteknologi e-Power.

Kedua model itu juga telah diperkenalkann ke publik pada beberapa kesempatan tetapi belum dipasarkan secara resmi. Kedua model kendaraan listrik Nissan itu memiliki pendekatan teknologi yang berbeda di mana Leaf merupakan EV murni sementara Note e-Power merupakan kendaraan hibrida generasi terbaru yang diklaim lebih efisien dari model lainnya.

Teknologi e-Power memungkinkan Nissan Note menjadi kendaraan listrik tanpa fasilitas pengisian daya listrik. Pasalnya, e-Power menggunakan generator untuk menghasilkan listrik yang kemudian dipakai untuk menggerakan roda kendaraan.

Mitsubshi Motors-sebagai salah satu aliansi global Nissan-menyatakan charging station Mitsubishi juga dapat digunakan oleh Nissan Leaf. Tahun ini, Mitsubishi telah membangun sekitar 16 charging station termasuk salah satunya di Plaza Senayan.

Hana Maharani, Head of Product Communications PT Nissan Motor Indonesia (NMI) mengatakan Nissan akan menghadirkan Nissan Leaf pada 2020 dan juga model yang mengusung teknologi e-Power dalam waktu dekat.

Nissan juga telah menandatangani nota kesepahaman dengan PT Perusahaan Listrik Negara/ PLN (Persero) untuk bersama-sama mengembangkan ekosistem kendaraan listrik di Tanah Air.

Menurutnya, Nissan sangat berkomitmen untuk mengembangkan kendaraan listrik karena dapat berkontribusi lebih kepada masalah polusi udara, suara hingga manajemen energi.

DFSK E3

DFSK menjadi salah satu merek China yang juga telah menyatakan akan merilis kendaraan berteknologi listrik pada 2020. Tahun depan, DFSK akan merilis empat model baru termasuk salah satunya ialah kendaraan berteknologi listrik.

Sejauh ini, model kendaraan listrik DFSK yang telah diperkenalkan kepada publik ialah DFSK E3 yang telah dipajang pada GIIAS 2019 dan pameran kendaraan listrik lainnya. E3 merupakan kendaraan listrik berbasis baterai dengan model sport utility vehicle (SUV).

Ini Dia Mobil Listrik yang Siap Meluncur di Indonesia Tahun Depan

DFSK Glory E3/DFSK

Alex Pan, Sales & Marketing Director PT Sokonindo Automobile (DFSK) mengatakan, terdapat 4 model baru yang disiapkan untuk tahun depan. Keempat model itu terdapat yang berbahan bakar solar dan berteknologi listik.

Adapun di China, E3 dipasarkan pada kisaran 200.000 yuan atau sekitar 394, 2 juta. Namun, harga di Indonesia diprediksi lebih mahal karena terdapat perbedaaan skema perpajakan.

Hyundai Ioniq

Mobil listrik Hyundai Ioniq juga dipastikan bakal berkeliaran di jalanan Ibu Kota. Hyundai memperkenalkan model kendaraan listriknya itu melalui Grab yang akan menggunakan sekitar 20 unit Hyundai Ioniq EV pada 2020.

Ini Dia Mobil Listrik yang Siap Meluncur di Indonesia Tahun Depan

Ioniq/Hyundai

Yoon Seok Choi, President Director of Hyundai Motor Manufacturing Indonesia mengatakan Asia Tenggara menjadi pasar yang memiliki perkembangan yang cepat dan besar untuk industri EV dibandingkan dengan kawasan lain.

Untuk memperkuat komitmen Hyundai terhadap ekosistem EV di Indonesia, Hyundai bekerja sama dengan Grab untuk menghadirkan mobil listrik Hyundai Ioniq sebagai salah satu opsi Grab Car.

"Kami menantikan kolaborasi lebih lanjut dengan Grab dan juga pemerintah untuk dapat mempercepat pengembangan industri EV di Indonesia," katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Thomas Mola
Editor : Galih Kurniawan
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper