Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Ekspor Kendaraan CBU Diproyeksikan Tembus 300.000 Unit Tahun Ini

Hingga Oktober 2019 ekspor kendaraan utuh sudah mencapai 275.000 unit.
ilustrasi/Mitsubishi
ilustrasi/Mitsubishi

Bisnis.com, JAKARTA – Ekspor kendaraan secara utuh atau completely built up (CBU) pada tahun ini diproyeksikan dapat mencapai target 300.000 unit. Momentum peningkatan ekspor pada tahun ini juga diharapkan dapat berlanjut hingga tahun depan.

Sekretaris Jenderal Gabungan Industri Kendaraan Bermotor (Gaikindo) Kukuh Kumara menjelaskan hingga Oktober 2019 ekspor kendaraan utuh sudah mencapai sekitar 275.000 unit, meningkat hingga sekitar 28% secara tahunan. Dia optimistis target ekspor 300.000 unit dapat tercapai pada akhir 2019.

“Kami harapkan ekspor akan mencapai kisaran 300.000 untuk CBU. Untuk CKD belum tahu persis targetnya seperti apa, tapi yang jelas pasti ada peningkatan. Sampai Oktober ini peningkatannya cukup tajam,” jelasnya kepada Bisnis, Kamis (28/11/2019).

Dia mengatakan dengan melihat kinerja ekspor pada tahun ini, kinerja pada tahun depan diprediksi akan meningkat. Namun, Gaikindo belum menetapkan proyeksi khusus untuk ekspor pada 2020.

Meski ekspor meningkat, menurutnya pabrikan di Tanah Air belum akan melakukan penambahan kapasitas produksi. Pasalnya, total produksi kendaraan baik untuk ekspor maupun pasar domestik saat ini masih berada di bawah total kapasitas produksi industri roda empat.

“Kapasitas produksi kita masih 2,3 juta, sedangkan  produksi kita masih di kisaran 1,3 juta,” ujarnya.

Dia juga cukup optimistis kinerja ekspor akan terbantu dengan aktivitas baru yang dilakukan sejumlah pabrikan. Salah satunya Isuzu yang akan mulai melakukan ekspor pada bulan depan untuk model pikap medium Traga.

Isuzu saat ini tercatat belum melakukan ekspor kendaran utuh dari Indonesia. Rencananya, PT Isuzu Astra Motor Indonesia (IAMI) akan melakukan ekspor perdana Traga pada 12 Desember 2019. Pada tahun depan Traga ditargetkan mencatatkan ekspor sebanyak 9.000 unit.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Galih Kurniawan

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper