5 Continent Drive Asia 2019-2020: Toyota Tinjau Langsung Kondisi Jalan dan Kebutuhan Konsumen di Indonesia

Toyota Motor Corporation (TMC) bersama perwakilan Toyota Indonesia menggelar proyek Toyota 5 Continent Drive Asia 20192020 untuk mempelajari kebutuhan konsumen di Indonesia secara lebih komprehensif.
Ilman A. Sudarwan
Ilman A. Sudarwan - Bisnis.com 18 November 2019  |  05:29 WIB
5 Continent Drive Asia 2019-2020: Toyota Tinjau Langsung Kondisi Jalan dan Kebutuhan Konsumen di Indonesia
Logo Toyota - Reuters/Yuya Shino

Bisnis.com, JAKARTA – Toyota Motor Corporation (TMC) bersama perwakilan Toyota Indonesia menggelar proyek Toyota 5 Continent Drive Asia 2019—2020 untuk mempelajari kebutuhan konsumen di Indonesia secara lebih komprehensif.

Setelah menempuh perjalanan panjang lebih dari 1.000 km dari Jakarta selama 4 hari, tim tersebut tiba di Surabaya sebagai tujuan terakhir dari proyek yang mengusung semangat Genchi Genbutsu tersebut pada akhir pekan lalu.

Presiden Direktur PT Toyota Astra Motor (TAM) Yoshihiro Nakata mengatakan bahwa melaluiproyek tersebut, Toyota berkomitmen untuk menerapkan pelajaran setelah mengemudi secara langsung di berbagai kondisi jalanan Indonesia, khususnya di pulau Jawa.

Dari perjalanan tersebut, Toyota juga mempelajari kebutuhan stakeholders Toyota terhadap mobilitas secara langsung. Hal ini diharapkan dapat menjadi modal utama untuk mewujudkan impian Making Ever-better Cars Together for Today and Tomorrow.

“Kami mengucapkan selamat kepada rombongan Toyota 5 Continents Drive Asia 2019–2020  yang bermodalkan semangat Genchi Genbutsu untuk mengumpulkan fakta langsung dari sumbernya, telah berhasil menyelesaikan perjalanan panjang sejauh 1.000 km di Indonesia,” katanya dikutip dari siaran pers, Minggu (17/11/2019).

Dia mengharapkan berbagai kondisi infrastruktur jalan, kultur berkendara yang unik, dan keberagaman kebutuhan konsumen di Indonesia yang didapatkan selama merjalanan menjadi pelajaran untuk mengembangkan kapabilitas dan kompetensi karyawan Toyota dalam menghadirkan solusi terhadap kebutuhan mobilitas konsumen di Indonesia.

Perjalanan inimerupakan bagian dari project Genchi Genbutsu berskala global yang memberikan tantangan bagi karyawan Toyota untuk langsung belajar dari jalanan di seluruh dunia sekaligus mendengar masukan dari konsumen, manufaktur, distributor, dealer, komunitas, dan karyawan Toyota.

Tim 5 Continents Drive di Indonesia terdiri dari 27 perwakilan dari principal Toyota Motor Corporation (TMC) dan empat perwakilan dari Toyota Indonesia. Mereka menggunakan sembilan produk unggulan yang sudah terbukti sanggup memenuhi kebutuhan dan ekspektasi konsumen di Indonesia hingga kini yaitu Kijang Innova, Fortuner, Avanza-Xenia, dan Rush.

Selain itu, tedapat empat produk yang sudah menggunakan teknologi elektrifikasi yaitu C-HR HEV, Corolla HEV, Camry HEV, dan Prius PHEV. Keempat produk ini diklaim terbukti dapat beradaptasi saat menempuh berbagai kondisi jalan dalam perjalanan jauh lebih dari 1.000 km.

Perjalanan itu diawali dengan opening ceremony yang dihadiri oleh seluruh karyawan di kantor pusat Toyota Indonesia di wilayah Sunter, Jakarta Utara, pada Selasa (12/11/2019). Tim 5 Continents Drive langsung bergerak menuju pabrik PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) yang berlokasi di wilayah Karawang, Jawa Barat.

Selanjutnya, pada Rabu (13/11), tim tersebut beranjak ke Cirebon dan mengunjungi salah satu dealerdari group Toyota global. Selain berdiskusi dengan dealermengenai kebutuhan konsumen, mereka juga membahas kolaborasi antar Grup Toyota di Indonesia.

Perjalanan tim 5 Continents Drive di Indonesia berlanjut ke kota Solo hingga Kamis (14/11) melalui jalan tol Trans Jawa. Melihat perkembangan infrastruktur jalan tol di Indonesia yang cukup pesat menarik perhatian engineer Toyota. Perjalanan dilanjutkan ke Gunung Bromo pada Jumat (15/11) pagi, sebelum mengakhiri perjalanan di Surabaya pada sore hari.

Nakata menuturkan, jargon Road Train People And People Make Cars adalah inspirasi utama yang mendasari perjalanan 5 Continents Drive. Bermodalkan semangat Genchi Genbutsu, Toyota percaya bahwa dengan berkemudi secara langsung di jalan dengan berbagai kondisi akan meningkatkan kapabilitas dan kompetensi karyawan Toyota untuk terus memenuhi kebutuhan konsumen.

Vice President Director TAM Henry Tanoto menjelaskan semangat Genchi Gembutsu merupakan salah satu jati diri Toyota sejak awal datang ke Indonesia. Hal itu ditunjukkan dengan keberhasilan TAM menghadirkan kendaraan yang sesuai kebutuhan konsumen, seperti Kijang dan Avanza.

“Kedua produk ini menjadi bukti komitmen kami untuk terus menguatkan semangat Genchi Genbutsu dalam mengikuti perkembangan dan perubahan kebutuhan konsumen terhadap mobilitas. Sebagai perusahaan mobilitas, berbagai pelajaran berharga yang kami dapatkan dari project 5 Continents Drive Asia 2019–2020 akan kami jadikan modal utama untuk menghadirkan ever-better cars baik di masa kini maupun di masa depan,” katanya.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
toyota, toyota astra motor

Editor : Andhika Anggoro Wening
KOMENTAR


-->
KOMENTAR


0 Komentar
Urut berdasarkan

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top