Kinerja Otomotif Kendor, Revisi Target Gaikindo Sudah Sesuai

Gaikindo telah merevisi target penjualan dari 1,1 juta unit atau sama dengan 2018 menjadi 1 juta unit karena perlambatan penjualan di pasar domestik.
Thomas Mola
Thomas Mola - Bisnis.com 04 November 2019  |  17:36 WIB
Kinerja Otomotif Kendor, Revisi Target Gaikindo Sudah Sesuai
Ilustrasi - motiondigest.com

Bisnis.com, JAKARTA – Sejumlah agen pemegang merek (APM) menyatakan revisi target penjualan kendaraan yang dilakukan Gaikindo sudah sesuai lantaran pasar otomotif yang masih lesu.

Direktur Pemasaran PT Astra-Daihatsu Motor (ADM) Amelia Tjandra menuturkan Daihatsu akan mengikuti Gaikindo yang telah merevisi target dari 1,1 juta unit menjadi 1 juta unit pada tahun ini. Permintaan pada umumnya meningkat pada semester kedua, tetapi sejauh ini belum terlalu signifikan.

“Daihatsu akan ikuti prediksi itu, permintaan kelihatannya di akhir tahun, biasanya biasanya semester kedua lebih ramai, tapi buktinya September pasar turun,” ujarnya kepada Bisnis belum lama ini. 

Gaikindo telah merevisi target penjualan dari 1,1 juta unit atau sama dengan 2018 menjadi 1 juta unit karena perlambatan penjualan di pasar domestik. Penjualan tertekan cukup dalam khususnya pada semester I/2019 karena aktivitas politik dan dampak perang dagang antara AS dan China.

Amelia mengatakan pihaknya cukup sulit untuk mempertahankan pangsa pasar di tengah perlambatan penjualan domestik. Hingga September 2019, Gaikindo mencatat Daihatsu meraih 17,2% pangsa pasar secara wholesales. Penjualan Daihatsu ditopang oleh Sigra, Gran Max, Xenia, dan Terios.

“Pangsa pasar kami 17%, kami mempertahankan itu saja sudah sulit.”

Sebelumnya, Director of Sales & Marketing Division PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) Irwan Kuncoro mengatakan pasar otomotif hingga September 2019 turun sekitar 10% dibandingkan periode yang sama 2018. Penjualan Mitsubishi juga sedikit melambat sehingga akan berupaya untuk menjaga pangsa pasar masing-masing segmen.

"Seiring dengan penurunan pasar, dia akan mengalami penurunan penjulan. Cuma yang penting kami pertahankan market share. Artinya, brand posisinya kami masih sustain, dari volume in line dengan pasar yang turun," ujarnya.

Gaikindo menyatakan pada Januari-September Mitsubishi Motors mencatatkan penjualan wholesales sebanyak 91.743 unit, melambat 18,6% ketimbang periode yang sama 2018. Pada periode ini, pangsa pasar Mitsubishi Motors sedikit menciut dari level 13,2% menjadi 12,2%.

Model Mitsubishi yang diandalkan untuk mendulang volume penjualan ialah Mitsubishi Xpander, pikap L300 dan Pajero Sport. Irwan mengatakan penjualan Xpander sedikit menantang karena pasar domestik yang melambat. Namun, Xpander masih mampu mempertahankan 28% pangsa pasar low multipurpose vehicle (LMPV).

"Pajero Sport kami masih nomor satu market share 45%-an, sementara Xpander masih menantang tapi market share kami cukup baik pada level 28% karena penjualan September turun."

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
gaikindo

Editor : Galih Kurniawan
KOMENTAR


-->
KOMENTAR


0 Komentar
Urut berdasarkan

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top