Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Gandeng Mitra Strategis, PLN Bangun Charging Station Mobil Listrik

PLN telah bekerja sama dengan 20 mitra strategis untuk percepatan kendaraan bermotor listrik berbasis baterai untuk transportasi jalan dan SPKLU.
SPKLU./pln.co.id
SPKLU./pln.co.id

Bisnis.com, JAKARTA – PT Perusahaan Listrik Negara/PLN (Persero) akan membangun 10 Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) pada tahun ini. Adapun pada awal pekan ini, PLN telah meresmikan SPKLU secara serentak di empat kota yakni Tangerang, Bali Selatan, Jakarta, dan Bandung.

Plt Direktur Utama PLN Sripeni Inten Cahyani mengatakan PLN terbuka untuk bekerja sama dengan semua pihak baik swasta ataupun BUMN lainnya untuk pembangunan SPKLU. PLN telah bekerja sama dengan 20 mitra strategis untuk percepatan kendaraan bermotor listrik berbasis baterai untuk transportasi jalan dan SPKLU.

“Kerja sama tersebut adalah untuk mengimplementasikan Perpres No.55/2019 tentang Percepatan Program Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai. Untuk itu PLN berkomitmen menyediakan sejumlah SPKLU baik yang disediakan secara mandiri oleh PLN, ataupun melalui kerja sama dengan pihak swasta,” ujarnya pada laman resmi PLN Disjaya, Rabu (30/10/2019).

Acara launching SPKLU yang berlokasi di Aeon Mall, BSD City, Banten, Senin (28/10), dihadiri oleh Direktur Ketenagalistrikan ESDM Rida Mulyana, Deputi Bidang Usaha Pertambangan, Industri Strategis, dan Media Fajar Harry Sampurno, Plt Direktur Utama PLN Sripeni Inten Cahyani, Plt Komisaris Utama PLN Ilya Avianti.

Pada tahun ini, PLN berencana membangun 10 SPKLU di seluruh Indonesia. Secara berangsur sampai tahun depan, diharapkan jumlahnya terus bertambah, guna menunjang hadirnya perangkat kendaraan listrik mulai dari mobil listrik berbasis baterei, skuter (motor listrik), dan berbagai kendaraan listrik lainnya.

Melalui kerja sama tersebut, PLN telah mengikat kerja sama dengan 20 perusahaan swasta dan juga BUMN, dalam hal penyediaan SPKLU di sejumlah instansi, termasuk area parkir kendaraan bermotor di berbagai perkantoran dan juga nantinya di pusat-pusat perbelanjaan.

Upaya mengandeng sebanyak mungkin mitra merupakan bagian dari upaya menciptakan ekosistem kendaraan bermotor listrik berbasis baterai di Indonesia. Ekosistem kendaraan listrik akan membantu menekan polusi dan dalam jangka panjang akan mengurangi ketergantungan pada energi fosil.

Dirjen Ketenagalistrikan Rida Mulyana mengapresiasi langkah PLN dalam penyediaan SPKLU. Menurutnya, langkah PLN sangat strategis dalam mendorong penggunaan kendaraan berbasis listrik.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Thomas Mola
Editor : Galih Kurniawan
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper