Andalkan Kecerdasan Buatan, Mobil Konsep Toyota LQ Bakal Mejeng di Tokyo Motor Show 2019

Kesempatan test drive dijadwalkan digelar pada Juni—September tahun depan.
Ilman A. Sudarwan
Ilman A. Sudarwan - Bisnis.com 11 Oktober 2019  |  20:53 WIB

Bisnis.com, JAKARTA – Toyota memperbarui mobil konsep mereka yang kali pertama dirilis pada 2017, Concept-I, dengan teknologi futuristik dan mengubah namanya menjadi Toyota LQ.

Dikutip dari Carscoops.com, Jumat (11/10/2019), mobil ini akan ditampilkan ke muka publik di Tokyo Motor Show 2019 pada akhir bulan ini. Adapun, kesempatan test drive dijadwalkan bakal digelar pada Juni—September tahun depan.

Salah satu perubahan mencolok pada mobil konsep ini adalah adanya kecerdasaran buatan bernama Yui yang dapat membantu segala urusan berkendara serta memberikan suasana nyaman untuk pengemudi dan tiga pengendara. Pengemudi dapat berkomunikasi dengannya melalui perintah suara.

Penumpang akan tahu kapan Yui beraksi untuk membantu mereka berkat atap dan bagian lantai mobil yang dirancang sebagai platform komunikasi intuitif. Lampu yang menyala pada bagian kaki penumpang menandankan Yui sedang melakukan sesuatu untuk mereka.

Lampu akan menyala dengan warna berbeda untuk memberi tahu penumpang mode pengendara otomatis atau manual yang sedang dijalankan mobil itu. Mobil ini juga dilengkapi dengan sistem otonom level 4.

Mobil ini juga memiliki fitur parkir valet yang dikembangkan oleh Toyota bersama Panasonic. Fitur canggih ini membuat pengendara tak perlu repot lagi mencari tempat parkir. Mobil ini dapat menurunkan penumpang, otomatis pergi ke tempat parkir, dan menjemput penumpang kembali.

Fungsi lain yang dikembangkan bersama dengan Panasonic adalah Augmented Reality Head Up Display yang membantu pengemudi mengawasi jalan. Fungsi kewaspadaan dan relaksasi di kursi juga bakal tersedia di mobil canggih ini.

Bagian panel instrumen menggunakan OLED yang pertama untuk merek Jepang. Mobil ini juga memiliki lapisan pemurnian udara, yang dikembangkan bersama dengan Aisin untuk mengurai ozon menjadi oksigen pada kipas radiator. Saat dikendarai, LQ dapat mengurai 60% ozon yang terkandung dalam 1.000 liter udara dalam 1 jam.

Lampu depan mobil ini menggunakan Digital Micromirror Device, sebuah teknologi canggih untuk mengaktifkan satu juta cermin dalam memproyeksikan gambar di jalan. Teknologi ini akan menyampaikan berbagai informasi seperti permukaan jalan kepada orang di dalam atau di luar mobil.

Konsep LQ Toyota memiiki dimensi panjang 4,530 mm, lebar 1,840 mm, dan tinggi 1.480 mm. Mobil ini memiliki jarak roda 2.700 mm. Sumber tenaganya menggunakan listrik dan memiliki daya jelajah mencapai 300 km.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
toyota

Editor : Galih Kurniawan
KOMENTAR


0 Komentar
Urut berdasarkan
Top