Produksi Xpander di Vietnam Hanya untuk Pasar Domestik

Indonesia akan menjadi basis produksi Xpander untuk pasar global.
Thomas Mola
Thomas Mola - Bisnis.com 09 Oktober 2019  |  07:55 WIB
Produksi Xpander di Vietnam Hanya untuk Pasar Domestik
Mitsubishi Xpander. - MMKSI.

Bisnis.com, JAKARTA – Indonesia akan menjadi basis produksi Xpander untuk pasar global. Pasalnya rencana Mitsubihsi Motors Vietnam memproduksi kendaraan multiguna kecil ini pada 2020, hanya untuk pasar domestik.

Deputy General Manager Coordination and Development Office Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) Intan Vidiasari mengatakan rencana Vietnam memproduksi Xpander mirip dengan PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Indonesia (MMKI)-pabrik Mitsubishi Motors di Tanah Air- yang memproduksi Pajero Sport hanya untuk pasar dalam negeri.

“Sama halnya dengan Vietnam, dia mungkin produksi untuk pasar negara sendiri. Indonesia menjadi basis produksi untuk low multipurpose vehicle [LMPV], sama seperti Thailand yang menjadi basis produksi untuk Triton,” ujarnya kepada Bisnis baru-baru ini di Tambolaka, Sumba, NTT.

Mitsubishi Motors Corporation (MMC) telah mengumumkan secara resmi Xpander akan diproduksi di Vietnam pada 2020. Produksi itu dilakukan bersamaan dengan peyaraan 25 tahun kehadiran Mitsubishi Motors Vietnam Co.,Ltd (MMV).

Gaikindo menyatakan saat ini pabrik Mitsubishi Motors memproduksi Pajero Sport, Nissan Livina, Xpander, dan pikap L3000. Outlanders Sport tercatat sudah tidak dirakit lagi di dalam negeri setelah Mitsubishi Motors memperkenalkan Eclipse Cross pada GIIAS 2019 lalu.

Sebelumnya, Osamu Masuko, Chairman MMC mengatakan, tantangan baru ini akan membuat bisnis di Vietnam terus bertumbuh sambil memfasilitasi pertumbuhan otomotif di negara tersebut dan ekonomi dalam hal tenaga kerja, pengembangan sumber daya manusia, investasi dan transfer teknologi.

"Kami akan berusaha untuk upaya baru ini di Vietnam, yaitu memproduksi mobil berkualitas tinggi dan memuaskan lebih banyak pelanggan di Vietnam," ujarnya.

Mitsubishi Xpander pertama kali diproduksi di Indonesia tahun 2017 dan mendapatkan penerimaan positif di dalam negeri. Xpander juga menjadi andalan penjualan Mitsubihsi di Indonesia. Xpander kemudian menjadi produk ekspor termasuk ke Vietnam.

Adapun di Indonesia, MMC telah meningkatkan kapasitas produksi menjadi 120.000 unit pada tahun fiskal 2018 dan 150.000 unit pada tahun fiskal 2019. Kerja sama dengan Nissan di Tanah Air sebagai bagian dari aliansi global menjadi salah satu cara untuk mengerek produksi Xpander.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
Mitsubishi Xpander

Editor : Galih Kurniawan
KOMENTAR


0 Komentar
Urut berdasarkan
Top