Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Bukan Camry, Model Hybrid Ini Bikin Toyota Semringah

Sebelumnya Toyota telah memasarkan Prius, Camry HEV, C-HR HEV, dan yang terbaru Corolla Altis.
Peluncuran Toyota New-CHR pada 2018./ANTARA
Peluncuran Toyota New-CHR pada 2018./ANTARA

Bisnis.com, JAKARTA — Kehadiran All New Corolla Hybrid membuat lini kendaraan berteknologi listrik besutan Toyota menjadi lima varian. Sebelumnya Toyota telah memasarkan Prius, Camry HEV, C-HR HEV, dan yang terbaru Corolla Altis.

Dari kelima varian hybrid electric vehicle (HEV) itu, PT Toyota Astra Motor (TAM) menyebut C-HR sebagai model kendaraan hibrida yang paling sukses. Sejauh ini, rerata penjualan C-HR HEV sekitar 50 unit hingga 60 unit per bulan, sedangkan C-HR bermesin bensin hanya sebanyak 10 unit hingga 20 unit per bulan.

"Jadi rasanya komposisi 75% di Indonesia [untuk HEV] baru terjadi di C-HR. Itu pun dari dealer kami di daerah promosinya atau aktivitasnya belum terlalu gencar. Kalau digencarkan lagi, bisa naik," ujar Anton Jimmi Suwandy, Direktur Pemasaran TAM pekan lalu.

Menurutnya, alasan C-HR HEV lebih laris dari model bermesin bensin ialah selisih harga yang hanya sekitar Rp30 juta dibandingkan model konvensional. Disparitas harga yang tidak terlalu besar itu membuat konsumen lebih memilih model C-HR HEV.

Harga C-HR HEV menjadi kompetitif salah satu karena pajak model sport utility vehicle (SUV) lebih kecil dibandingkan sedan seperti Camry ataupun Corolla Altis HEV. Adapun, harga C-HR 1.8 HV Single Tone dibandrong Rp523,35 juta OTR Jakarta, atau paling murah untuk kendaraan berteknologi HEV di Tanah Air.

Camry Hybrid dipasarkan Rp809,4 juta, sedangkan Alphard pada kisaran Rp1 miliar. Model terbaru, All New Corolla Hybrid dipasarkan Rp 566,3 juta.

Anton menjelaskan, harga kendaraan HEV yang dipasarkan Toyota saat ini berada pada kisaran Rp500an juta untuk yang paling murah. Harga itu, katanya, masih terjangkau oleh kalangan menengah yang ingin merasakan teknologi terbaru sekaligus menjadi tanda baik untuk kendaraan HEV.

"Kalau dulu kan hybrid harganya Rp800 juta sampai Rp1 miliar, sekarang di Rp500-an juta. Jadi mulai masih ke kalangan menengah yang juga ingin merasakan teknologi terbaru," ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Thomas Mola
Editor : Galih Kurniawan
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper