Masuk Era Kendaraan Listrik, Ini Empat Manfaatnya

Sinergi seluruh pemangku kepentingan diperlukan agar percepatan masuknya Indonesia ke dalam era kendaraan listrik dapat tercapai.
Aprianus Doni Tolok
Aprianus Doni Tolok - Bisnis.com 05 September 2019  |  15:16 WIB
Masuk Era Kendaraan Listrik, Ini Empat Manfaatnya
ilustrasi. - ANTARA

Bisnis.com, JAKARTA - Sinergi seluruh pemangku kepentingan diperlukan agar percepatan masuknya Indonesia ke dalam era kendaraan listrik dapat tercapai.

Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko mengatakan bahwa ada empat manfaat dari peralihan menuju kendaraan listrik.

Pertama, penggunaan energi terbarukan yakni listrik akan menguntungkan ketahanan energi Indonesia. Kedua, kendaraan listrik termasuk kendaraan ramah lingkungan.

"Kita harus memikirkan anak cucu kita, [agar] terhindar dari lingkungan yang semakin hari semakin tidak sehat karena cakupan emisi yang beredar meningkat luar biasa, maka udara harus segera kita bersihkan melalui mobil listrik," ujarnya di Jakarta, Rabu (4/9/2019).

Ketiga, peningkatan pasar otomotif nasional di mana saat ini rasionya hanya 87 orang yang memiliki mobil dari 1.000 orang. Artinya, potensi pasar oto masih terbuka untuk terus dikembangkan.

Keempat, dengan masuk ke era mobil listrik, PLN (Perusahaan Listrik Negara) juga diharapkan menjadi lebih berkembang. Pemanfaatan listrik pada malam hingga pagi hari menjadi lebih optimal.

"Pada malam hari pukul 11 malam sampai 5 pagi itu pada posisi yang turun utilitisnya. Dengan adanya mobil listrik maka pada jam-jam itu lah kita akan akan mengisi daya [kendaraan listrik], maka PLN nanti akan mendapatkan sebuah keuntungan yang semakin baik kedepannya," katanya.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
Mobil Listrik

Editor : Galih Kurniawan
KOMENTAR


0 Komentar
Urut berdasarkan

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top