Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Masuk Era Kendaraan Listrik, Ini Empat Manfaatnya

Sinergi seluruh pemangku kepentingan diperlukan agar percepatan masuknya Indonesia ke dalam era kendaraan listrik dapat tercapai.
ilustrasi./ANTARA
ilustrasi./ANTARA

Bisnis.com, JAKARTA - Sinergi seluruh pemangku kepentingan diperlukan agar percepatan masuknya Indonesia ke dalam era kendaraan listrik dapat tercapai.

Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko mengatakan bahwa ada empat manfaat dari peralihan menuju kendaraan listrik.

Pertama, penggunaan energi terbarukan yakni listrik akan menguntungkan ketahanan energi Indonesia. Kedua, kendaraan listrik termasuk kendaraan ramah lingkungan.

"Kita harus memikirkan anak cucu kita, [agar] terhindar dari lingkungan yang semakin hari semakin tidak sehat karena cakupan emisi yang beredar meningkat luar biasa, maka udara harus segera kita bersihkan melalui mobil listrik," ujarnya di Jakarta, Rabu (4/9/2019).

Ketiga, peningkatan pasar otomotif nasional di mana saat ini rasionya hanya 87 orang yang memiliki mobil dari 1.000 orang. Artinya, potensi pasar oto masih terbuka untuk terus dikembangkan.

Keempat, dengan masuk ke era mobil listrik, PLN (Perusahaan Listrik Negara) juga diharapkan menjadi lebih berkembang. Pemanfaatan listrik pada malam hingga pagi hari menjadi lebih optimal.

"Pada malam hari pukul 11 malam sampai 5 pagi itu pada posisi yang turun utilitisnya. Dengan adanya mobil listrik maka pada jam-jam itu lah kita akan akan mengisi daya [kendaraan listrik], maka PLN nanti akan mendapatkan sebuah keuntungan yang semakin baik kedepannya," katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper