Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Mengenal Teknologi SHVS, Smart Hybrid Vehicle by Suzuki

PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) mendukung kebijakan penerapan kendaraan bermotor ramah lingkungan oleh pemerintah, dengan mengusung teknologi Smart Hybrid Vehicle by Suzuki (SHVS).
Suzuki Ertiga di Jakarta Fair. /Bisnis.com
Suzuki Ertiga di Jakarta Fair. /Bisnis.com

Bisnis.com, JAKARTA - PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) mendukung kebijakan penerapan kendaraan bermotor ramah lingkungan oleh pemerintah, dengan mengusung teknologi Smart Hybrid Vehicle by Suzuki (SHVS).

Apa itu teknologi SHVS?

Donny Saputra, Marketing Director 4wheel PT SIS, mengatakan bahwa perusahaan telah memiliki Ertiga Diesel Hybrid pada 2017 yang mengadaptasi teknologi SHVS.

SHVS adalah teknologi mesin mild hybrid yang telah dikembangkan Suzuki secara global. Khusus di Indonesia, teknologi SHVS masih dalam tahap penelitian agar bisa disesuaikan dengan karakter dan kondisi jalanan di dalam negeri.

Teknologi itu dibuat untuk sistem penggerak mesin dan telah dilengkapi Integrated Starter Generator (ISG) sebagai pengganti alternator konvensional guna memberikan dukungan tenaga pada mesin, sehingga dapat meningkatkan efisiensi konsumsi bahan bakar.

Teknologi SHVS juga dilengkapi Lithium Ion Battery yang dirancang untuk menyimpan tenaga yang dihasilkan oleh ISG dan akan digunakan ketika mesin membutuhkan dukungan tenaga. SHVS mencakup efisiensi bahan bakar, ringan, dan kompak sehingga merupakan sistem yang ideal untuk mobil-mobil kompak.

Teknologi SHVS memiliki sistem kerja sederhana, diawali saat kendaraan berhenti serta pengemudi tidak menginjak pedal, gigi persneling pada posisi netral, kemudian secara otomatis kendaraan akan melakukan engine auto stop yang berfungsi mematikan mesin, namun sistem kelistrikan tetap menyala.

Kemudian apabila pedal diinjak, secara otomatis ISG akan menyalakan kembali mesin kendaraan. Saat melakukan akselerasi awal, tenaga atau listrik yang tersimpan pada baterai akan memberikan dukungan tenaga pada mesin.

Ketika kendaraan dalam posisi melaju, tenaga atau listrik yang tersimpan pada baterai akan dialihkan pada komponen elektrik, seperti lampu, audio, air conditioner, serta multi-information display, sehingga kerja mesin hanya akan dipusatkan untuk menghasilkan tenaga.

Hal itu akan meningkatkan efisiensi konsumsi bahan bakar serta meningkatkan performa saat berkendara.

Saat kendaraan deselerasi atau memperlambat laju, ISG secara otomatis mengubah energi kinetik pada putaran roda menjadi energi listrik yang akan mengisi daya baterai. Ketika mobil melakukan pengereman, pengisian daya listrik pada baterai akan semakin besar.

Apabila kendaraan melaju pada kecepatan 15km/jam hingga berhenti dan pengemudi memindahkan gigi ke posisi netral serta melepas pedal, maka secara otomatis kendaraan akan melakukan engine auto stop dan mematikan mesin.

Pada saat mesin berhenti daya listrik yang disimpan pada baterai akan dialihkan pada komponen elektrik untuk tetap menjaga sistem kelistrikan tetap menyala. Siklus yang sama akan berulang lagi ketika pengemudi menjalankan kendaraannya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Thomas Mola
Editor : Fatkhul Maskur
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper