Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Jelajah Lebaran Jawa-Bali 2019: Ini Tips Berkendara Saat Malam Hari

Bagi pemudik yang berkendara pada malam hari terdapat beberapa hal yang perlu diperhatikan, terlebih saat melalui jalan dengan lampu penerangan yang minim.
Pemudik memasuki gerbang tol Cikampek./Bisnis-Dok.
Pemudik memasuki gerbang tol Cikampek./Bisnis-Dok.

Bisnis.com, PROBOLINGGO -- Bagi pemudik yang berkendara pada malam hari terdapat beberapa hal yang perlu diperhatikan, terlebih saat melalui jalan dengan lampu penerangan yang minim.

Saat Tim Jelajah Lebaran Jawa-Bali (JLJB)2019 melakukan perjalanan, tak jarang harus melalui jalan yang tidak terdapat lampu penerang jalanan.

Malam hari yang gelap membuat jarak pandang menjadi terbatas. Apalagi ketika kita kelelahan pastinya akan berpengaruh terhadap konsentrasi pengemudi. Dengan menggunakan lampu utama dapat membantu saat mengemudi di malam hari.

Berdasar pengalaman tersebut, Tim JLJB 2019 ingin membagikan tips untuk berkendara saat melalui jalan yang gelap.

1. Jaga Kaca Depan Tetap Bersih

Ketika Anda hendak melakukan perjalanan, pastikan kaca depan mobil dalam keadaan yang bersih.

Pasalnya, hal tersebut dapat berpengaruh terhadap jarak pandang pengemudi pada malam hari.

2. Pastikan Lampu Mobil Berfungsi dengan Baik

Lampu depan mobil menjadi salah satu bagian vital untuk berkendara pada malam hari, untuk itu bagi para pemudik sebaiknya melakukan pengecekan rutin.

Selain itu, pastikan lampu kendaraan Anda memiliki pencahayaan yang baik, tidak redup atau tidak terlalu terang yang dapat membahayakan pengemudi lain.

3. Nyalakan Lampu Jauh Jika Diperlukan

Gunakan lampu jauh apabila diperlukan. Bagi pemudik yang merasa ragu-ragu dengan kondisi jalan yang ada di depannya, sebaiknya nyalakan lampu jauh.

Hal tersebut bertujuan untuk membantu penglihatan agar mendapatkan jarak pandangan dengan jelas. Selain itu, lampu jauh dapat digunakan sebagai tanda untuk pengendara mobil lainnya agar mengetahui posisi kendaraan Anda yang sedang melaju.

4. Jaga Jarak Aman

Pada malam hari untuk perhitungan jarak dengan mobil lainnya menjadi sedikit berbeda. Untuk itu, bagi para pemudik sebaiknya menambah jarak antara mobil depan atau mobil yang berada di belakang, serta mengurangi kecepatan.

5. Hindari Sorotan Langsung Lampu Mobil

Satu hal yang perlu diperhatikan pengemudi saat melalui jalan dua arah yaitu hindari sorotan lampu mobil dari lawan arah ke mata Anda.

Saat berpapasan dengan mobil dari arah lain, palingkan sejenak pandangan Anda dari sorotan lampu mobil tersebut agar pandangan Anda tidak kabur.

Tim Jelajah Jawa-Bali 2019: Yustinus Andri, Muhammad Ridwan, Andi M. Arief, Maria Elena, Reni Lestari

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Rahayuningsih
Sumber : Jelajah Jawa-Bali 2019
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper