Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Volvo Gandeng Startup Varjo Ciptakan VR Pengujian Mobil Otonom

Volvo menggelontorkan dana investasi jutaan euro kepada perusahaan rintisan (startup) Varjo Technologies, guna menciptakan teknologi realitas maya (virtual reality), berupa layar dan kamera yang akan dipakai insinyur dalam menguji respons mobil otonom dalam menghindari bahaya, misalnya rusa atau pejalan kaki yang melintas.
Fatkhul Maskur
Fatkhul Maskur - Bisnis.com 02 Juni 2019  |  23:42 WIB
Didirikan pada 2018, M adalah merek baru dari Volvo Car Mobility. Misi M adalah memungkinkan lebih banyak orang untuk bergerak bebas, penuh makna dan berkelanjutan.  - Volvo Cars
Didirikan pada 2018, M adalah merek baru dari Volvo Car Mobility. Misi M adalah memungkinkan lebih banyak orang untuk bergerak bebas, penuh makna dan berkelanjutan. - Volvo Cars

Bisnis.com, JAKARTA - Volvo menggelontorkan dana investasi jutaan euro kepada perusahaan rintisan (startup) Varjo Technologies, guna menciptakan teknologi realitas maya (virtual reality/VR), berupa layar dan kamera yang akan dipakai insinyur dalam menguji respons mobil otonom dalam menghindari bahaya, misalnya rusa atau pejalan kaki yang melintas.

Varjo, yang didirikan alumni Nokia dan Microsoft Corp, telah mengembangkan augmented-reality dengan resolusi gambar yang jauh lebih tinggi daripada produk yang diproduksi pesaingnya.

Didukung pendiri Skype, Niklas Zennstrom's Atomico dan EQT Ventura, perusahaan itu mampu mengembangkan dan menggabungkan video resolusi tinggi dari dunia nyata kemudian objek itu dipadukan secara digital untuk menjadi alat simulasi.

"Kami dapat simulasikan pejalan kaki atau hewan yang berjalan di depan mobil, dan Anda dapat menggunakan sensor di headset untuk melacak pergerakan mata orang yang menggunakan perangkat," kata pimpinan Volvo Cars Tech Fund, Zaki Fasihuddin, dilansir Bloomberg, Sabtu (1/6).

"Jenis teknologi itu dapat membantu kami belajar lebih banyak tentang bagaimana cara membuat produk yang lebih aman dan lebih ramah kepada pengguna," kata Fasihuddin.

Pabrikan otomotif Swadia itu memiliki citra yang baik di bidang keselamatan berkendara, karena dalam beberapa dekade telah melahirkan terobosan yang berguna antara lain sabuk pengaman tiga titik dan perlindungan benturan samping.

Volvo menolak untuk menyebutkan nilai investasinya kepada Varjo. Namun perusahaan rintisan itu diketahui telah mengumpulkan 50 juta dolar AS untuk mengembangkan teknologi itu.

Varjo juga telah meneken kerja sama dengan perusahaan mobil Jerman yakni Audi dan BMW.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Mobil Otonom

Sumber : Antara

Editor : Fatkhul Maskur
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top