Mudik Bawa Mobil Sendiri? Periksa 5 Hal Ini Sebelum Berangkat

Penanggung jawab bengkel Exclusive Auto Garage, Hadi Suryakusuma menjelaskan bahwa memeriiksa rem dan kondisi ban sebagai faktor utama keselamatan berkendara.
Sandi Purnomo
Sandi Purnomo - Bisnis.com 29 Mei 2019  |  14:41 WIB
Mudik Bawa Mobil Sendiri? Periksa 5 Hal Ini Sebelum Berangkat
Perawatan kendaraan di bengkel - Sandi Purnomo/Bisnis

Bisnis.com, JAKARTA – Lebaran tinggal menghitung hari, sebagian besar orang akan mudik ke kampung halaman untuk bertemu keluarga tercinta.

Jika Anda berencana mudik menggunakan mobil pribadi pastikan kendaraan yang digunakan dalam kondisi prima. Demi kenyamanan dan meminimalisir kendala selama perjalanan, beberapa hal terkait kondisi kendaraan Anda harus menjadi perhatian terutama memeriksa oli, radiator, rem, ban, kaca mobil, hingga perkakas mobil.

Salah satu bengkel bernama Exclusive Auto Garage menyarankan untuk memperhatikan kondisi oli dan radiator mobil sebelum digunakan mudik.  Oli merupakan bagian vital yang terlihat sepele, tapi fungsinya sangat besar. Jadi, oli harus diganti sebelum perjalanan jauh.

Radiator juga harus dipastikan dalam kondisi baik untuk menjaga temperatur mobil. Perhatikan kondisi kipas radiator, coolant atau air radiator juga harus dipastikan dalam kondisi normal.

Saat berbincang dengan Bisnis, penanggung jawab bengkel Exclusive Auto Garage, Hadi Suryakusuma menjelaskan, rem dan kondisi ban wajib diperiksa untuk menjaga keselamatan saat berkendara. “Pastikan kampas dan minyak rem tidak dalam kondisi menipis. Jika ban masih dalam kondisi baik, tapi usianya sudah di atas 5 tahun (expired), karet ban sudah tak lagi layak untuk perjalanan jauh,” ungkap Hadi.

“Kondisi kaca mobil yang kerap berjamur juga harus dipoles agar kinclong, dan penglihatan pengemudi tidak berkurang,” tambah Hadi.

Orang yang akrab disapa Mas Hadi ini juga mengimbau pemudik untuk membawa kunci-kunci atau perkakas mobil agar dapat digunakan dalam kondisi darurat.

Dia juga menganjurkan untuk memanfaatkan posko mudik sepanjang perjalanan, serta yang tidak kalah penting adalah memastikan pengendara dalam kondisi yang fit.

Sementara itu, Exclusive Auto Garage merupakan bengkel mobil  spesialis menangani mobil-mobil premium. Bengkel tersebut telah memiliki beberapa kecanggihan seperti scanner launch yang dapat mengidentifiasi kendala mobil dengan cepat.

Bengkel yang berlokasi di Jakarta Selatan itu juga dikenal pemilik mobil-mobil premium menyediakan kelengkapan spare part mobil. Pemahaman mekanik-mekanik yang ada juga membuat bengkel itu memiliki banyak pelanggan setia.

Jelang Lebaran, bengkel mobil yang telah berdiri sejak 2009 itu mendapat kenaikan jumlah pelanggan yang mayoritas permintaan untuk tune up kendaraan. Bengkel itu juga memberikan potongan harga jasa sebesar 10%.

Biaya tune up mobil di bengkel ini sebesar Rp1,5 juta untuk mobil premium. Bengkel tersebut juga menerima mobil-mobil biasa dengan biaya tune up yang pastinya lebih murah sebesar Rp1 juta.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
Mudik Lebaran

Editor : Fajar Sidik
KOMENTAR


0 Komentar
Urut berdasarkan

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top