Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Relaksasi PPnBM, Permintaan LCGC Dinilai Bakal Turun

Rencana pemerintah merelaksasi pajak penjualan barang mewah pada kendaraan low cost green car diyakini akan berdampak pada penurunan permintaan di pasar akibat kenaikan harga dalam beberapa tahun.
All New Honda Brio RS. /HPM
All New Honda Brio RS. /HPM

Bisnis.com, JAKARTA – Rencana pemerintah merelaksasi pajak penjualan barang mewah pada kendaraan low cost green car diyakini akan berdampak pada penurunan permintaan di pasar akibat kenaikan harga dalam beberapa tahun.

Kenaikan pajak ini akan mempengaruhi harga di pasaran untuk kendaraan jenis itu. Pajak kendaraan mobil mewah tidak akan dikenakan pemerintah jika pabrikan memproduksi mobil lebih efisien dibandingkan dengan LCGC.

Jonfis Fandy, Marketing & After Sales Service Director PT. Honda Prospect Motor (HPM) mengatakan saat ini pabrikan masih menunggu keputusan final pemerintah terkait rencana itu. Pihaknya enggan memberikan asumsi menanggapi hal tersebut sebelum keluar aturan resmi.

“Mungkin kalau awal-awal [penerapan PPnBM, penjualan LCGC] akan menyusut. Semuanya akan terkena dampak akibat kenaikan harga ini. Jadi kita akan lihat bagaimana [ke depan],” katanya saat battle of efficiency All New Honda Brio di Sentul, Jawa Barat, Rabu (20/3/2019).

Jonfis mengatakan pabrikan telah mengeluarkan investasi yang tidak sedikit untuk memproduksi kendaraan LCGC. Pihaknya mengharap pemerintah mengetahui secara detail bagaimana produksi kendaraan jenis itu untuk mempermudah pengambilan keputusan.

Kendati demikian, pihaknya percaya tujuan penerapan PPnBM ini untuk mendorong produksi kendaraan listrik atau hybrid. Pasalnya dua jenis itu masih dikenakan pajak 0%. Namun begitu, dirinya pesimistis dapat memproduksi mobil lebih efisien melebihi LCGC.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper