Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

All New Livina Bikin Pasar LMPV Makin Ketat

Kehadiran All New Livina bakal meramaikan pasar low multipurpose vehicle (LMPV) yang sejauh ini sangat kompetitif. Generasi Livina sebelumnya masuk kategori medium MPV, tetapi dengan platform baru, All New Livina akan bersaing dengan Toyota Avanza, Mitsubishi Xpander, Suzuki Ertiga, Honda Mobilio dan lainnya.
Nissan Grand Livina Baru. /BISNIS.COM
Nissan Grand Livina Baru. /BISNIS.COM

Bisnis.com, JAKARTA—Kehadiran All New Livina bakal meramaikan pasar low multipurpose vehicle (LMPV) yang sejauh ini sangat kompetitif. Generasi Livina sebelumnya masuk kategori medium MPV, tetapi dengan platform baru, All New Livina akan bersaing dengan Toyota Avanza, Mitsubishi Xpander, Suzuki Ertiga, Honda Mobilio dan lainnya.

Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) mencatat pasar LMPV tahun 2018 sebanyak 262.327 unit, naik 3,36% dibandingkan tahun 2017. Total penjualan LMPV itu setara dengan 22,79% dari total pasar otomotif nasional 2018 yang sebanyak 1,15 juta unit.

Livina yang bermain pada medium MPV tahun lalu tercatat dipasarkan sebanyak 2.437 unit, turun jika dibandingkan dengan raihan 2017 yang sebanyak 6.204 unit. Pasar medium MPV sendiri terjepit karena ada konsumen memiliki opsi model LMPV dan model low sport utility vehicle (LSUV) yang harganya lebih kompetitif.

Dengan memposisikan All New Livina pada segmen LMPV, Nissan berharap dapat meningkatkan kinerja penjualan yang selama beberapa tahun terakhir sedikit melambat.

Presiden Direktur PT Nissan Motor Indonesia Isao Sekeguchi mengatakan, MPV 7 penumpang memiliki posisi tersendiri di hati konsumen Indonesia. Nissan berupaya menghadirkan produk yang sesuai dengan keinginan konsumen.

"Pertama tentu kami ingin melihat sejauh mana permintaaan Livina, atau seberapa besar pasar yang bisa kami create," ujarnya di sela-sela peluncuran All New Livina dan All New Serana di Djakarta Theater, Selasa (19/2/2019).

Isao menuturkan, Nissan berupaya untuk meningkatkan utilisasi pabrik dengan menghadirkan produk yang sesuai dengan pasar domestik. Dari sisi harga, Nissan Livina klaimnya, mampu bersaing dengan produk sejenis pada segmen ini.

Adapun, Nissan memasarkan All New Livina dalam lima varian. Harga yang ditawarkan untuk masing-masing varian ialah VL AT Rp261,9 juta, VE AT Rp249,9 juta, EL AT Rp233 juta, EL MT seharga Rp233 juta dan E MT seharga Rp198,8 juta.

All New Livina Bikin Pasar LMPV Makin Ketat

Selain dari sisi produk persaingan segmen ini juga terjadi pada layanan purnajual. Untuk kedua produk baru, Nissan menawarkan paket Nissan Care dengan 50.000 km atau 4 tahun gratis suku cadang dan layanan purnajual bagi pelanggan.

Pemesanan sudah bisa dilakukan sejak peluncuran, dan pengiriman kendaraan baru dilakukan pada Maret 2019.  Hingga sejauh ini, Nissan tercatat memiliki 106 gerai yang tersebar di seluruh Indonesia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Fatkhul Maskur
Editor : Fatkhul Maskur
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper