Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Astra FMS, Teknologi Serasi Autoraya Untuk Solusi Manajemen Armada

Grup Astra melalui salah satu anak usahanya, PT Serasi Autoraya (SERA) meluncurkan produk fleet management solution berbasis teknologi bernama Astra FMS. Kehadiran produk tersebut untuk membantu manajemen transportasi perusahaan baik untuk penumpang ataupun logistik.
Sejumlah mobil terparkir di Lapangan Lagoon, Nusa Dua, Bali, Rabu (3/10/2018). Ratusan mobil tersebut didatangkan dari Jakarta untuk mengangkut delegasi Pertemuan Tahunan IMF-World Bank 2018./ANTARA-Fikri Yusuf
Sejumlah mobil terparkir di Lapangan Lagoon, Nusa Dua, Bali, Rabu (3/10/2018). Ratusan mobil tersebut didatangkan dari Jakarta untuk mengangkut delegasi Pertemuan Tahunan IMF-World Bank 2018./ANTARA-Fikri Yusuf

Bisnis.com, JAKARTA--Grup Astra melalui salah satu anak usahanya, PT Serasi Autoraya (SERA) meluncurkan produk fleet management solution berbasis teknologi bernama Astra FMS. Kehadiran produk tersebut untuk membantu manajemen transportasi perusahaan baik untuk penumpang ataupun logistik.

Presiden Direktur SERA Firman Yosafat Siregar mengatakan, transportasi merupakan salah satu komponen penting dalam menggerakkan roda bisnis perusahaan. Namun, berbagai masalah di lapangan dapat timbul dan berdampak pada operasional serta keuangan perusahaan secara keseluruhan.

"Munculnya AstraFMS ini membuktikan SERA sebagai pioneer inovasi teknologi di industri transportasi penumpang dan logistik. Inovasi teknologi ini dapat membantu perusahaan melakukan efisiensi biaya sekaligus meningkatkan produktivitas dalam menjalankan bisnis,” ujarnya dalam keterangan resmi, Jumat (1/02/2019).

Yosafat menjelaskan, salah satu yang dapat dilakukan AstraFMS adalah mengelola operasional kendaraan sedemikian rupa sehingga biaya-biaya yang tidak diperlukan dapat dipangkas dengan optimal. Lahirnya AstraFMS berakar dari budaya inovasi SERA yang berorientasi pada pengembangan produk ataupun layanan, yang terintegrasi dengan teknologi terkini.

Dia menuturkan, SERA sebagai perusahaan yang bergerak di bidang jasa solusi transportasi, penjualan kendaraan seken dan jasa pengelolaan logistik, memiliki infrastruktur dan jaringan layanan di seluruh Indonesia.

Didukung pengalaman melayani pelanggan korporasi selama 32 tahun, SERA menyadari pentingnya mengelola informasi detil menyangkut operasional sistem transportasi, mengingat besarnya kontribusi sektor ini dalam menggerakkan roda bisnis perusahaan.

Direktur SERA Hadi Winarto mengklam, AstraFMS adalah solusi yang komperhensif untuk pengelolaan kendaraan dan transportasi pertama di Indonesia yang berbasis teknologi informasi.

"Melalui sebuah platform dan pengalaman dalam pengelolaan transportasi serta infrastruktur yang kami miliki, memungkinkan terjadinya peningkatan efisiensi, efektivitas, keamanan dan keselamatan dalam proses transportasi logistik maupun penumpang," paparnya.

Dia mengatakan, melalui sistem ini, perusahaan dapat memantau pengelolaan operasional pada sistem transportasi, terutama menyangkut armada kendaraan, kondisi pengemudi, biaya operasional, pengelolaan waktu, rute perjalanan, dan kondisi fisik kendaraan.

“AstraFMS menyediakan data dan konektivitas yang memampukan perusahaan memonitor, menjaga, memberikan laporan serta analisa yang berguna dalam fleet management solution secara tepat, sesuai kebutuhan pelanggan,” katanya.

Hadi menambahkan, beberapa fitur penting dari produk AstraFMS yang akan membantu perusahaan meningkatkan efisiensi dan keamanan di bidang transportasi.

Adapun, fitur tersebut ialah memberikan visibilitas terhadap pergerakan kendaraan secara real time dan juga memonitor setiap manuver berbahaya seperti berkendara melebihi batas kecepatan, rem mendadak, menikung secara tiba-tiba, salah rute hingga memberikan peringatan jika mobil dalam bahaya pencurian.

Selanjutnya, membantu mengatur jadwal perawatan berkala termasuk dokumen dan garansi kendaraan, memonitor, mengelola, menganalisis performa & perilaku pengemudi (eco & safety index).

Fitur lainnya ialah, memastikan operational excellent dengan memenuhi permintaan pemesanan melalui sistem auto dispatch yang melibatkan kendaraan dan pengemudi baik transportasi penumpang ataupun transportasi logistik. Selain itu, mengatur efisiensi biaya operasional kendaraan.

"Sistem AstraFMS mampu melakukan pengelolaan yang menyeluruh dan terukur. Seluruh manfaat tersebut sudah dirasakan oleh lebih dari 2000 armada logistik dan penumpang yang tersebar di berbagai sektor industri seperti pada industri logistik dan distribusi, FMCG, otomotif, pertambangan hingga finansial,” ucap Hadi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Thomas Mola
Editor : Fatkhul Maskur
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper