Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Group Components, Sinergi Pabrik Onderdil Volkswagen

Sejak 1 Januari 2019, Grup Volkswagen telah memiliki merek baru perusahaan: Volkswagen Group Components, yang menjadi induk dari 61 pabrik komponen di seluruh dunia.
Fatkhul Maskur
Fatkhul Maskur - Bisnis.com 26 Januari 2019  |  14:00 WIB
Logo Volkswagen terlihat di pabrik perusahaan di Wolfsburg, Jerman, Kamis (12/4). - Reuters/Fabian Bimmer
Logo Volkswagen terlihat di pabrik perusahaan di Wolfsburg, Jerman, Kamis (12/4). - Reuters/Fabian Bimmer

Bisnis.com, WOLFBURG - Sejak 1 Januari 2019, Grup Volkswagen telah memiliki merek baru perusahaan: Volkswagen Group Components, yang menjadi induk dari 61 pabrik komponen di seluruh dunia.

Selain menjadi strategi peningkatan sinergi dan efisiensi, grup baru ini diposisikan sebagai kunci sukses menghadapi transformasi industri kendaraan dengan penggerak konvensional ke era e-mobilitas.

Dengan penyejajaran ulang Group Components, Volkswagen memperkuat pemasok komponennya sendiri termasuk mesin, gearbox, sistem penggerak listrik, sistem kemudi dan kursi, dan pada saat yang sama secara konsisten meningkatkan efek sinergi 80.000 karyawan di 61 komponen pabrik di seluruh dunia mengembangkan dan memproduksi komponen kendaraan.

Sejak awal, unit-unit tersebut akan menjadi salah satu pemasok industri otomotif terbesar di dunia.

Stefan Sommer, Anggota Dewan Manajemen Grup Volkswagen yang bertanggung jawab atas Komponen dan Pengadaan, mengatakan bahwa perusahaan secara konsisten mengembangkan posisi lintas merek untuk Volkswagen Group Components, memperkuat daya saingnya.

"Berkat kedalaman manufaktur dan kekuatan produk, kami dapat mengukur diri sendiri dengan pesaing terbaik kami. Kami sekarang mengasah profil kami di bidang e-mobilitas. Komponen Grup memikul tanggung jawab ujung ke ujung untuk baterai - mulai dari pengembangan kompetensi produksi sel hingga daur ulang. Ini adalah langkah kunci untuk seluruh Grup," ujarnya, Jumat (25/1/2019).

Ketua Dewan Manajemen Komponen Grup Volkswagen, Thomas Schmall, mengatakan bahwa perusahaan meningkatkan efek efisiensi di area bisnis saat ini dan menyelaraskan Grup Komponen dengan cara yang berorientasi masa depan dengan kegiatan baru di bidang mobilitas elektronik.

"Sistem kemudi Group-baru yang baru akan memastikan bahwa efisiensi dan efek sinergi terwujud lebih efektif, jaringan antar pabrik ditingkatkan dan kapasitas pabrik dikerahkan secara optimal di seluruh merek Grup."

Stefan Sommer (l.) dan Thomas Schmall

Berdasarkan pakta untuk masa depan, Grup Komponen telah mencapai penghematan biaya yang cukup besar dengan total lebih dari €750 juta di pabrik Jerman dari 2016 hingga akhir 2018.

"Pada 2025, kami akan dapat meningkatkan efek positif ini pada pendapatan ke total €2 miliar. Pada saat yang sama, kami berinvestasi besar-besaran dalam mobilitas elektronik."

Pada 2019 dan 2020, investasi dalam produksi komponen e-mobilitas akan mencapai €870 juta di seluruh Grup. Pangsa investasi dalam komponen e-mobilitas telah meningkat dari 5% ke angka saat ini 40%. Secara keseluruhan, kami menginvestasikan total €3,8 miliar dalam produksi komponen e-mobilitas hingga 2023 dalam kerangka putaran perencanaan saat ini."

Independen dalam Grup Volkswagen

Dengan area bisnis yang berorientasi masa depan, kontrol dewan yang efisien dan strategi nilai tambah di seluruh grup, Grup Komponen memiliki posisi yang independen dan kompetitif.

Dewan Manajemen dengan tiga anggota bertanggung jawab atas operasi bisnis merek baru di bawah payung Volkswagen AG: Thomas Schmall sebagai Ketua, Thomas Eichenberg sebagai Anggota Dewan yang bertanggung jawab untuk Keuangan, dan Wolfgang Fueter sebagai Anggota Dewan yang bertanggung jawab atas Sumber Daya Manusia.

Tim manajemen juga mencakup kepala area bisnis yang baru diorganisir, yang mencakup beberapa pabrik, yakni mesin dan pengecoran; gearbox dan penggerak listrik; sasis; kursi; dan e-mobilitas.

Sebagai Dewan Anggota Dewan Manajemen yang bertanggung jawab untuk Komponen dan Pengadaan, Stefan Sommer adalah anggota Dewan Pengawas Komponen Grup, sebuah badan dengan perwakilan yang sama dari Dewan Manajemen dan Dewan Pekerjaan.

Selama 3 tahun terakhir, persiapan yang konsisten telah dibuat untuk pembentukan Grup Komponen sebagai merek independen. Pengembangan ini didasarkan pada orientasi portofolio produk terhadap efek volume dan skala dan peningkatan efisiensi dan produktivitas pabrik.

Pada 2015, portofolio produk sudah dianalisis dengan tujuan untuk fokus pada produk yang akan kompetitif dalam jangka panjang baik dalam pengembangan maupun dalam produksi.

Produk yang tidak memiliki masa depan yang layak atau tidak ekonomis dihapus dari paket produk. Berdasarkan pakta untuk masa depan, biaya tetap di pabrik komponen Jerman telah sangat berkurang dan produktivitas telah meningkat secara signifikan sejak 2016.

Untuk mendapatkan dana yang dibutuhkan untuk investasi di masa depan, misalnya dalam mobilitas elektronik, dari portofolio produk sekarang, efisiensi investasi lebih ditingkatkan.

Kemitraan atau pengaturan kerja sama dengan perusahaan lain juga dipertimbangkan, dengan tujuan untuk memungkinkan skala ekonomi untuk produk dengan volume lebih rendah.

Topik Utama Transformasi

Pergantian dari powertrain konvensional ke e-mobilitas adalah masalah yang lebih penting bagi Grup Komponen daripada unit lain dari Grup Volkswagen, karena merek baru ini menghasilkan lebih dari 10 juta mesin kendaraan konvensional dan lebih dari 8 juta kotak roda gigi, misalnya, pada 2018.

Inilah sebabnya mengapa struktur area bisnis juga diperkecil sehubungan dengan pembentukan merek.

Area bisnis "mesin dan pengecoran" telah digabungkan dan area bisnis "e-mobilitas" baru didirikan.

Portofolio ini dibulatkan oleh tiga area bisnis "gearbox dan penggerak listrik", "sasis" dan "kursi".

Area bisnis plastik telah diubah dan diintegrasikan ke dalam organisasi produksi merek Volkswagen.

Masing-masing dari lima area bisnis bertanggung jawab atas strategi portofolio dan keseluruhan prosesnya, "Jaringan berbagai departemen seperti pengembangan, pengadaan, dan perencanaan produksi pada tahap awal meningkatkan daya saing dan daya inovatif," kata Thomas Schmall.

Selain mesin dan gearbox konvensional, Group Components telah mengembangkan dan memproduksi motor listrik dan sistem baterai untuk berbagai merek Grup dan akan secara besar-besaran meningkatkan kapasitas ini selama beberapa tahun ke depan.

Selain itu, strategi peningkatan lintas merek untuk produksi sistem penggerak listrik telah dikembangkan. Group Components sekarang akan menerapkan strategi ini bekerja sama dengan Audi, Porsche, Volkswagen, dan merek Grup lainnya.

Membentuk masa depan

Di masa depan, Volkswagen Group Components akan menyelesaikan tahap penambahan nilai kunci dalam konteks tanggung jawab ujung-ke-ujung untuk baterai itu sendiri.

Di pabrik komponen Salzgitter, pengembang dan perencana produksi telah membangun kompetensi sel baterai berkelanjutan untuk Grup di Center of Excellence (CoE).

Sistem baterai sedang dikembangkan dan diproduksi di pabrik komponen Brunswick - di masa depan portofolio produksi akan mencakup baterai untuk kendaraan MEB dari berbagai merek Grup.

Ketika baterai mencapai akhir masa pakainya di kendaraan, beberapa di antaranya akan ditransfer ke aplikasi lain - misalnya dalam produk baru seperti stasiun pengisian cepat yang fleksibel yang akan diproduksi oleh Komponen Grup di pabrik Hanover mulai tahun 2020 dan seterusnya.

Di masa depan, Volkswagen Group Components juga bertanggung jawab untuk mendaur ulang baterai akhir masa pakainya. Pada paruh pertama 2020, pilot plant akan dibuka di Salzgitter untuk pengembangan lebih lanjut dari proses daur ulang untuk baterai bertegangan tinggi.

Pabrik ini akan didasarkan pada proses yang telah diteliti dengan maksud untuk memvalidasi kelayakan teknis dan kelayakan ekonomi dari operasi seri.

Thomas Schmall mengatakan bahwa powerbrain konvensional akan terus menjadi penting selama beberapa tahun ke depan. "Komponen kendaraan seperti mesin, gearbox, sistem kemudi, gandar dan jok adalah landasan kesuksesan kami."

Dengan kegiatan lebih lanjut di bidang e-mobilitas yang berkembang dan kemitraan strategis baru, Volkswagen Group Components akan memastikan masa depan yang sukses untuk portofolio produknya.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Volkswagen AG
Editor : Fatkhul Maskur

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top