Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Volkswagen Siap Pecahkan Rekor Mobil Listrik di Nürburgring-Nordschleife

Volkswagen menggerakkan elektromobilitas dengan kecepatan tinggi, baik di kendaraan produksi maupun di arena balap.
Fatkhul Maskur
Fatkhul Maskur - Bisnis.com 23 Januari 2019  |  23:10 WIB
Volkswagen ID.R Pikes Peak dan ID.R Buzz, Volkswagen Motorsport Team dengan pengemudi Romain.  - VW
Volkswagen ID.R Pikes Peak dan ID.R Buzz, Volkswagen Motorsport Team dengan pengemudi Romain. - VW

Bisnis.com, WOLFBURG - Volkswagen menggerakkan elektromobilitas dengan kecepatan tinggi, baik di kendaraan produksi maupun di arena balap.

Setelah memecahkan rekor di Pikes Peak Hill Climb, ID.R - mobil sport listrik sepenuhnya milik Volkswagen - kini telah mengincar rekor lain di musim panas 2019: rekor putaran untuk mobil listrik di Nürburgring-Nordschleife, yang dianggap sebagai arena pacuan terberat di dunia.

ID.R adalah duta sportif untuk seluruh jajaran kendaraan listrik, yang Volkswagen rencanakan akan diluncurkan mulai 2020 dan seterusnya.

Penugasan motorsport ID.R adalah deklarasi komitmen Volkswagen terhadap mobil listrik dan menggarisbawahi kekuatan potensial yang sangat besar yang dapat diberikan E-drive di jalan biasa di masa depan.

“Setelah rekor di Pikes Peak, waktu tercepat untuk mobil listrik di Nürburgring-Nordschleife adalah tantangan besar berikutnya untuk ID.R,” kata Direktur Volkswagen Motorsport Sven Smeets. "Catatan putaran di Nordschleife adalah penghargaan besar untuk mobil apa pun, baik mobil balap atau mobil produksi."

Setel ID.R untuk Nordschleife

ID.R, yang sedang dikembangkan lebih lanjut untuk upaya rekor di Nürburgring, ditenagai oleh dua mesin listrik dengan kapasitas sistem 500 kW (680 PS) dan beratnya kurang dari 1.100 kilogram, termasuk pengemudi.

“Yang terpenting, kami akan memodifikasi aerodinamika ID. R, untuk mengatasi kondisi di Nordschleife, yang sangat berbeda dari kondisi di Pikes Peak,” kata François-Xavier Demaison, Direktur Teknis Volkswagen Motorsport, dalam keterangan pers, Senin (21/1/2019).

Berbeda dengan klasik AS di Pikes Peak, yang dimulai pada ketinggian 2.862 meter dan berakhir pada 4.302, Nordschleife berkelok-kelok melintasi wilayah Eifel di antara 320 dan 617 meter di atas permukaan laut.

Sirkuit Jerman yang ikonik memiliki karakteristik yang sangat unik, tidak terkecuali berkat Döttinger Höhe yang lurus. "Sebagai bagian dari persiapan cermat kami untuk memecah rekor, kami akan memberikan ID.R melalui tes intens dan program pengembangan di berbagai arena pacuan di musim semi,” tambah Demaison. Upaya memecah rekor direncanakan untuk musim panas.

Pakar Nordschleife, Romain Dumas, siap membantu upaya memecahkan rekor ini.

Romain Dumas yang multitalenta akan berada di depan kemudi lagi untuk upaya memecahkan rekor. Dia memenangkan Pikes Peak International Hill Climb dengan ID.R Pikes Peak pada Juni 2018 dan, dengan waktu 7: 57.148 menit, menjadi pembalap pertama dalam lebih dari 100 tahun balapan ikonik ini yang berlangsung di bawah 8 menit. Orang Prancis ini juga memiliki empat kemenangan dalam balapan 24 jam di Nürburgring atas namanya.

"Mengemudi ID.R pada Nordschleife sudah cukup untuk membuatku merinding. Saya tahu trek dengan sangat baik, tetapi ID.R akan menjadi tantangan yang sangat berbeda, dengan akselerasi ekstrem dan kecepatan menikung yang besar,” kata Dumas.

Dia mengaku tidak sabar menunggu tes pertama. "Memecahkan rekor listrik yang ada tentu tidak akan berjalan-jalan di taman.

Rekor saat ini untuk kendaraan listrik sepenuhnya berdiri di 6: 45,90 menit - dengan kecepatan rata-rata hampir 185 km / jam - dan ditetapkan pada 2017 oleh Peter Inggris Dumbreck dalam NIO EP9.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Volkswagen ID.R
Editor : Fatkhul Maskur

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top