Penjualan Melejit 51%, Lamborghini Torehkan Tanda Ajaib

Automobili Lamborghini S.p.A., merek mobil super sport asal Italia, meraih rekor penjualan bersejarah pada 2018, dengan peningkatan yang melejit 51% menjadi sebanyak 5.750 mobil.
Fatkhul Maskur | 12 Januari 2019 23:10 WIB
Lamborgini Urus. /lamborghini

Bisnis.com, SANTAGATA - Automobili Lamborghini S.p.A., merek mobil super sport asal Italia, meraih rekor penjualan bersejarah pada 2018, dengan peningkatan yang melejit 51% menjadi sebanyak 5.750 mobil.

Stefano Domenicali, Ketua dan Kepala Eksekutif Automobili Lamborghini berkomentar bahwa pada 2018, Lamborghini memasuki dimensi baru.

"Kami tidak hanya memberikan peningkatan penjualan lainnya, tetapi juga mencapai level baru yang secara substansial telah melampaui tanda ajaib 5.000 Lamborghini yang terjual," ujarnya dalam keterangan pers yang dikutip Sabtu (12/1/2019).

Dia mengatakan bahwa lompatan kuantum ini membuktikan keberlanjutan produk dan strategi komersial Lamborghini. Performa ini semakin luar biasa karena Lamborghini menguasai tantangan ganda yang belum pernah terjadi sebelumnya: terus-menerus membawa model dan teknologi baru ke pasar mobil sport super, sambil secara bersamaan mengelola kapasitas produksi berlipat ganda di kantor pusat di Sant'Agata Bolognese.

Sejak awal penjualannya, Super SUV Urus menciptakan penerimaan pasar yang antusias dan memperluas basis pelanggan Lamborghini.

Lamborghini juga secara signifikan meningkatkan kesadaran merek yang tinggi, terutama dengan generasi muda, setelah meningkatkan jumlah pengikut di saluran media sosial menjadi lebih dari 32 juta.

"Semua ini adalah pencapaian tim yang nyata dan saya ingin mengucapkan terima kasih kepada setiap anggota tim Lamborghini atas inspirasi dan dedikasi mereka terhadap merek kami."

Dengan 157 dealer yang melayani 50 negara, pengiriman ke seluruh dunia pada pelanggan pada 2018 meningkat dari 3.815 menjadi 5.750 unit. Dengan demikian, sejak 2010 (1.302 unit) perusahaan memiliki lebih dari empat kali lipat angka penjualannya. Di luar angka penjualan, Lamborghini mengungguli semua tujuan bisnis utama lainnya pada 2018.

Lamborghini adalah merek global dan volume penjualan didistribusikan dengan baik di antara tiga wilayah utama. Semua wilayah menetapkan tolok ukur penjualan baru pada 2018 dan berkontribusi terhadap total pertumbuhan penjualan dibandingkan tahun sebelumnya.

EMEA mencakup Eropa, Timur Tengah, Afrika : 2.497 (+69%), Amerika: 1.952 (+46%) dan Asia Pasifik: 1.301 (+30%).

Dengan 1.595 unit, AS tetap menjadi pasar tunggal terbesar, diikuti oleh Inggris (636), Jepang (559), Jerman (463), China Besar (342), Kanada (316) dan Italia (295). Semua pasar ini meningkatkan pengiriman secara substansial dan menandai tingkat penjualan historis nasional.

Kedua lini model mobil super sport mencapai rekor penjualan, sehingga berkontribusi pada pertumbuhan. Penjualan V12 Lamborghini Aventador, lahir pada 2011, masih sangat kuat dan tumbuh 3% dari 1.173 menjadi 1.209 unit. Yang lebih kuat adalah peningkatan penjualan V10 Lamborghini Huracán, tumbuh sebesar 5% dari 2.642 menjadi 2.780 unit.

Seperti yang diharapkan, kontribusi besar untuk peningkatan penjualan global datang dari Super SUV Urus, dengan 1.761 unit dikirimkan kepada pelanggan sejak diperkenalkan pasar pada Juli 2018.

Model-model baru 2018: teknologi inovatif, waktu putaran luar biasa, dan sekali jalan yang menarik

Tahun ini dimulai dengan tampilan Lamborghini Terzo Millennio di Festival Automobile International di Paris pada Januari 2018. Konsep mobil sport super futuristik disusun melalui kerja sama dengan dua laboratorium di Massachusetts Institute of Technology MIT di Boston, dengan tujuan memungkinkan Lamborghini membahas masa depan mobil super sport itu.

Di Geneva Motor Show pada bulan Maret, Lamborghini menghadirkan Lamborghini Huracán Performante Spyder: kombinasi luhur inovasi teknologi tiada banding, kinerja, dan mengemudi di udara terbuka.

Pada Agustus Lamborghini meluncurkan Lamborghini Aventador SVJ dalam pemutaran perdana di seluruh dunia selama Monterey Car Week di California. Mobil ini menciptakan kesempurnaan berkendara murni, membawa konsep mobil sport super ke dimensi baru. Aventador SVJ, di mana SV secara historis merupakan kependekan dari Superveloce - yang berarti 'superfast' - mengambil akhiran 'Jota', menunjukkan keunggulan trek dan kinerja: pada kenyataannya, Aventador SVJ telah mengklaim posisinya sebagai pemegang rekor mobil produksi Nürburgring-Nordschleife, menyelesaikan putaran 20,6 km hanya dalam 6: 44,97 menit. Produksi dibatasi hingga 900 unit dan sudah terjual habis.

Juga pada 2018, Lamborghini mempersembahkan Lamborghini SC18 Alston. Model V12 satu-kali dikembangkan oleh Lamborghini Squadra Corse bersama dengan pelanggan, dengan aerodinamika yang berasal dari pengalaman di Lamborghini Super Trofeo dan balap GT3. Itu dibuat untuk penggunaan berorientasi trek dan dengan fitur balap eksklusif.

Konsep one-offs semakin relevan di Lamborghini karena meningkatnya permintaan untuk personalisasi. Lebih dari 50% dari semua mobil sport super Lamborghini yang dikirim dipersonalisasi di bawah naungan program personalisasi Lamborghini, Ad Personam.

Lamborghini Polo Storico

Berbasis di markas besar perusahaan di Sant'Agata Bolognese, Lamborghini Polo Storico adalah unit khusus yang didedikasikan untuk pemulihan dan sertifikasi model Lamborghini yang telah keluar dari produksi selama setidaknya 10 tahun (dari Lamborghini 350 GT ke Diablo). Divisi ini juga bertugas menjaga arsip dan catatan, dan mengelola pasokan suku cadang asli untuk mobil klasik.

Polo Storico merayakan 50 tahun Lamborghini Espada dan Islero dengan beberapa acara kelas atas. Pada bulan Mei mobil Konsep Lamborghini Marzal dibawa kembali ke Monte Carlo untuk Grand Prix de Monaco Historique, 51 tahun setelah Yang Mulia Rainier III, Pangeran Monako mengendarainya di pangkuan kehormatan segera sebelum dimulainya Grand Prix F1, dengan istrinya Putri Grace di sisinya. Perayaan memuncak dalam tur Italia melalui Umbria, Tuscany dan Emilia-Romagna pada bulan September.

Museum Lamborghini

Museum Lamborghini di Sant'Agata Bolognese mencatat tahun yang luar biasa dalam hal pengunjung. Lebih dari 108.000 penggemar mengunjungi tempat yang terletak di dalam pabrik Lamborghini pada tahun 2018. Museum ini buka setiap hari, termasuk hari Minggu, dari jam 9:30 pagi sampai 7 malam (April-Oktober) dan dari jam 9:30 pagi hingga 6 sore (November - Maret) ), dan pameran khusus berlangsung bersamaan dengan koleksi permanen model Lamborghini yang bersejarah.

Lamborghini Squadra Corse

Pada bulan September, Lamborghini Squadra Corse, departemen motorsport Automobili Lamborghini, mempresentasikan Huracan GT3 EVO baru di putaran Nürburgring dari Lamborghini Super Trofeo Europe. EVO yang baru adalah evolusi dari Huracan GT3, pemenang 12 gelar internasional serta Rolex 24 yang bergengsi di Daytona dan 12 Hours of Sebring.

Pada 2018, Lamborghini Squadra Corse juga menetapkan tolok ukur baru, dengan lebih dari dua ratus balap Huracáns diproduksi hingga saat ini. Lamborghini Squadra Corse adalah salah satu dari sedikit departemen motorsport di dunia yang memproduksi mobil balapnya sendiri pada jalur produksi yang sama dengan mobil jalan, di dalam pabrik di Sant'Agata Bolognese. Baik Huracan Super Trofeo dan Huracán GT3 memiliki lini produksi yang sama dengan mobil Lamborghini Huracan standar.

Selama Final Dunia 2018 pada November, Lamborghini Squadra Corse meluncurkan Konsep Urus ST-X, versi balap pertama dalam sejarah merek Super SUV. Visi adalah mobil yang dirancang untuk kejuaraan tunggal-marque inovatif yang akan menggabungkan sirkuit balap dan lintasan off-road.

Outlook 2019

Perusahaan menegaskan pandangan percaya diri untuk Tahun Anggaran 2019. Terlepas dari ketidakpastian politik yang berkepanjangan di Uni Eropa dan di tingkat global, penyebut ekonomi utama umumnya tetap positif tetapi kurang dapat diprediksi. Dengan pertumbuhan yang berkelanjutan yang diharapkan di ekonomi besar di seluruh dunia dan karena portofolio produknya yang muda dan menarik serta tahun penuh pertama pengiriman Urus, Lamborghini mengharapkan pertumbuhan lebih lanjut dalam dimensi baru dari penjualan unit dan pergantian dalam jangka menengah.

Tag : lamborghini
Editor : Fatkhul Maskur
KOMENTAR


0 Komentar
Urut berdasarkan

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top