Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Yuk Diservis, Shockbreaker Rusak Pun Bisa Berfungsi Lagi

Shockbreaker merupakan salah satu bagian penting dalam kendaraan guna meredam kejut dari jalanan yang rusak atau berlubang. Namun jangan terburu-buru mengganti yang baru jika shockbreaker Anda sudah tidak bisa melakukan fungsinya sebagai peredam kejut di jalanan.
Shockbreaker. /honda.cengkareng
Shockbreaker. /honda.cengkareng

Bisnis.com, JAKARTA – Shockbreaker merupakan salah satu bagian penting dalam kendaraan guna meredam kejut dari jalanan yang rusak atau berlubang. Namun jangan terburu-buru mengganti yang baru jika shockbreaker Anda sudah tidak bisa melakukan fungsinya sebagai peredam kejut di jalanan.

Disebuah bengkel kecil di Jl, Moch Kahfi 1 Ciganjur Jakarta Selatan, terdapat bengkel servis shockbreaker “Dewa Shock Motor” sudah berdiri selama enam tahun oleh pemiliknya Hariyanto yang juga ikut terjun menjadi mekanik.

“Sudah enam tahun, berawal dari coba-coba sampai akhirnya saya tahu tentang shockbreaker dari berbagai jenis motor,” kata Hariyanto saat ditemui di Dewa Shock Motor, Ciganjur, Jakarta Sealatan.

Ia juga menuturkan bahwa, kebanyakan orang datang ke sini karena banyak keluhan pada shockbreaker yang tidak memberikan respon atas jalan rusak atau berlubang.

“Kalau orang yang datang kesini kebanyakan service dangan pergantian besi as mas, karena kebanyakan mengeluhkan sudah tidak ada respon dari shockbreaker-nya yang kadang-kadang menghajar lubang di jalan,” tuturnya.

Ia juga menambahkan kalau untuk harga dari setiap kendaraan dan setaip jenisnya itu mempunyai harga yang berbeda dan tergantung segi kerusakannya.

“Kalau untuk harga tergantung dari motornya kalau untuk jenis matic dan bebek itu, untuk sok depan itu kisaran Rp60.000-Rp70.000, kalau belakang unutk motor matik kisaran Rp70.000 sedangkan untuk kendaraan jenis bebek itu Rp90.000-Rp100.000,” tambahnya.

Sementara itu, salah satu mekanik lainnya juga mengatakan, kalau kebanyakan yang datang untuk servis di tempatnya kebanyakan yang berdatangan ini kendaraan jenis matik dan kendaraan tahun muda.

“Yang paling banyak kendala motor matik yang jaman sekarang, shock depan as nya beda dan gampang baret, beda dengan motor motor tua jaman dulu,” kata mekanik yang akrab disapa Gembul itu.

“Kalau di bengkel sini kita bisa kasih garansi sampai 3 bulan.maka dari itu orang lebih suka servis dibandingkan harus beli baru,” tambahnya.

Menurutnya, agar shockbreaker awet kuncinya adalah tidak membawa beban yang melebihi beban kapasitas yang disarankan dari motor itu sendiri, karena beban itu berpengaruh dengan keawetan shockbreaker itu sendiri.

“Kalau untuk perbaikan sok sendiri tidak ditargetkan berapa lamanya itu tergantung pemakaian, tapi kita sarankan unutk sok depan 6 bulan sekali ganti oli,” tutupnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Editor : Fatkhul Maskur
Sumber : Antara
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper