Riset Unit : Baterai Bus Listrik Buat Simpan Energi Matahari

Peresmian gudang energi pertama di Eropa yang menggunakan baterai bus listrik sedang berlangsung. Baterai bus listrik dari rute 55 di Gothenburg mendapatkan kesempatan hidup kedua untuk penyimpanan energi surya.
Fatkhul Maskur
Fatkhul Maskur - Bisnis.com 10 Desember 2018  |  14:20 WIB
Riset Unit : Baterai Bus Listrik Buat Simpan Energi Matahari
Panel Surya. - JIBI/Rachman

Bisnis.com, GOETHENBERG - Peresmian gudang energi pertama di Eropa yang menggunakan baterai bus listrik sedang berlangsung. Baterai bus listrik dari rute 55 di Gothenburg mendapatkan kesempatan hidup kedua untuk penyimpanan energi surya.

Ini adalah bagian dari proyek penelitian di mana Volvo Buses, Göteborg Energi, Riksbyggen, dan Johanneberg Science Park bekerja sama untuk memeriksa penyimpanan listrik di blok apartemen yang memiliki produksi listrik sendiri melalui panel surya.

Penggunaan kembali dan daur ulang baterai adalah masalah utama karena meningkatnya jumlah rencana transisi kota ke transportasi bertenaga listrik. Volvo Bus mengambil bagian dalam proyek penelitian di mana baterai bus listrik yang digunakan mendapatkan masa sewa kedua sebagai unit penyimpanan energi surya.

Penelitian ini berlangsung di Koperasi Perumahan Viks Riksbyggen di Gothenburg, kompleks apartemen yang bertujuan untuk menjadi proyek perumahan paling inovatif dan berkelanjutan di Swedia - Positive Footprint Housing. Penyewa baru saja mulai pindah ke apartemen baru mereka.

Dalam Koperasi Perumahan Viva, Riksbyggen, Volvo, Göteborg Energi, dan Johanneberg Science Park telah menciptakan sistem yang unik di mana energi dari panel surya di atap gedung apartemen disimpan dalam baterai yang sebelumnya digunakan bus listrik pada rute 55.

Gudang energi digunakan untuk memotong puncak konsumsi listrik properti, dan untuk menyimpan atau menjual energi matahari yang surplus. Ini juga dapat digunakan untuk membeli dan menyimpan listrik dari jaringan nasional ketika murah dan ramah lingkungan, untuk digunakan nanti. Ini meningkatkan efisiensi sistem energi asosiasi perumahan Viva serta jaringan listrik kota.

“Kami tahu bahwa baterai bus listrik memiliki potensi yang baik untuk aplikasi lain seperti penyimpanan energi setelah masa hidup mereka di transportasi umum. Apa yang kami periksa di sini adalah seberapa baik potensi itu,” kata Ylva Olofsson, Koordinator Proyek di Volvo.

Penggunaan baterai di gudang energi memberi mereka kehidupan layanan yang diperpanjang yang pada gilirannya berarti pemanfaatan sumber daya yang lebih baik dan dampak lingkungan yang lebih sedikit. Di sini, Volvo memeriksa berbagai kemungkinan untuk penggunaan kembali baterai bus untuk penyimpanan energi, dan Viva adalah salah satu contohnya.

Gudang baterai terdiri dari 14 baterai bus listrik lithium-ion yang digunakan. Mereka dipasang di ruang baterai dan dihubungkan bersama untuk membuat paket penyimpanan 200 kWh. Gudang energi ini memungkinkan proporsi listrik tenaga surya Viva yang lebih besar untuk digunakan untuk kebutuhan daya asosiasi perumahan.

Penelitian penyimpanan energi dalam baterai bus bekas dilakukan dengan dukungan dari proyek Uni Eropa IRIS Smart Cities. IRIS adalah proyek Light House, dibiayai oleh EU Horizon 2020.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
panel surya, Baterai Lithium-Ion

Editor : Fatkhul Maskur
KOMENTAR


0 Komentar
Urut berdasarkan
Top