Cari berita
Bisnis.com

Konten Premium

Bisnis Plus bisnismuda Koran Bisnis Indonesia tokotbisnis Epaper Bisnis Indonesia Konten Interaktif Bisnis Indonesia Group Bisnis Grafik bisnis tv

Wow, Mobil Mewah Tesla Bisa Dicuri Pakai Ponsel

Seperti halnya sistem komputer, teknologi terhubung (connected) pada mobil juga tidak luput dari sasaran peretasan, dan ini menimpa sebuah sedan canggih Tesla Model 3 yang dicuri dari sebuah mall di Amerika Serikat setelah pencurinya bisa mengakes aplikasi Tesla melalui ponselnya.
Newswire
Newswire - Bisnis.com 15 September 2018  |  12:06 WIB
Wow, Mobil Mewah Tesla Bisa Dicuri Pakai Ponsel
Ilustrasi: Tesla Model 3. - Tesla
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Mencuri mobil memakai ponsel selintas seperti tak masuk akal. Faktanya, dengan bermodal ponsel pintar, pelaku berhasil menggondol mobil Tesla. Begitulah yang terjadi di Amerika Serikat.

Seperti halnya sistem komputer, teknologi terhubung (connected) pada mobil juga tidak luput dari sasaran peretasan, dan ini menimpa sebuah sedan canggih Tesla Model 3 yang dicuri dari sebuah mall di Amerika Serikat setelah pencurinya bisa mengakes aplikasi Tesla melalui ponselnya.

Seorang ahli forensik komputer mengomentari kejadian ini dan menjelaskan bagaimana tersangka pencuri bisa dengan mudah mengendarai serta membawa kabur mobil Tesla itu, demikian laporan beberapa media otomotif, Sabtu (15/9/2018).

Sang tersangka pencuri diyakini telah menghubungi layanan dukungan pelanggan Tesla untuk menambahkan Model 3 yang dicurinya ke akun Tesla miliknya dengan nomor identifikasi kendaraan.

Kendaraan itu bisa diakses melalui smartphone setelah terdaftar dalam akun orang ini, dia bisa membuka pintu dan mengendarai Tesla Model 3 tanpa perlu menggunakan kunci mobil.

Beberapa hari kemudian, tersangka pencuri dilacak dan ditangkap di dalam mobil curian di Waco, Texas, lebih dari 1.000 mil di selatan titik awal di Minnesota.

Karena orang ini menonaktifkan pelacakan GPS di mobil, pemilik harus menggunakan metode yang berbeda untuk melacak tersangka.

Pemilik melacak lokasi Supercharging (pengisian daya baterai) mobil dan memberikannya kepada pihak berwenang setempat dan mereka segera menemukan mobil dan menangkap orang di belakang kemudi.

Tesla Model 3 yang dicuri ini adalah milik Trevla, sebuah perusahaan rental Tesla yang terletak di dalam Mall of America. Pencuri mobil yang diduga berusia 21 tahun itu sebelumnya menyewa kendaraan dari perusahaan tersebut setidaknya enam kali sebelum mencuri.

Pemilik juga ingat bahwa orang yang sama ini diduga membual tentang pengetahuan luas yang dia miliki mengenai sistem keamanan Tesla.

Produsen mobil, kepada media otomotif Electrek mengatakan bahwa tersangka pencuri kemungkinan sebelumnya telah menyewa kendaraan di tempat yang sama dan memiliki ponsel yang sudah terautentikasi.

Namun, perusahaan penyewaan mobil Trevla menyanggah klaim itu dan menyatakan telah menghapus akses ponsel tersangka setelah penyewaan sebelumnya.

Sistem keyless entry pada mobil Tesla Model 3 memungkinkan pemilik bisa mengakses kendaraan melalui aplikasi pada smartphone mereka.

Ini merupakan salah satu teknologi yang memang dikembangkan sejumlah produsen mobil untuk meningkatkan kenyamanan kepada pelanggan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Tesla Model 3

Sumber : Antara

Editor : Saeno
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top