Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

SEMESTER I 2018: Honda Jual 76.694 unit, Model Brio Dominan

PT Honda Prosepect Motor mencatat penjualan ke dealer sebanyak 76.694 unit pada semester pertama tahun ini. Honda Brio tercatat memberikan kontribusi terbesar dari total wholesales pada enam bulan pertama tahun ini.
Honda Brio RS. -Honda
Honda Brio RS. -Honda

Bisnis.com, JAKARTA—PT Honda Prosepect Motor mencatat penjualan ke dealer sebanyak 76.694 unit pada semester pertama tahun ini. Honda Brio tercatat memberikan kontribusi terbesar dari total wholesales pada enam bulan pertama tahun ini.

Jonfis Fandy, Marketing and After Sales Service Director PT HPM, mengungkapkan, Honda Brio Satya mencatatkan penjualan tertinggi pada peruh pertama tahun ini dengan wholesales sebanyak 23.475 unit atau 30% dari total penjualan Honda.

Tidak hanya itu, pencapaian penjualan Honda Brio Satya sebanyak 23.475 unit juga lebih tinggi 22% dibandingkan periode yang sama tahun lalu, dan membuatnya memiliki pangsa pasar mencapai 20% di pasar low cost green car (LCGC).

Adapun Honda Brio RS tercatat terjual sebanyak 5.887 unit atau lebih tinggi 11% dibandingkan periode yang sama tahun lalu. Honda Brio RS memberikan kontribusi 8% terhadap total penjualan Honda sekaligus meraih pangsa pasar sebesar 33% di segmen kendaraan perkotaan atau city car.

“Meskipun pasar pada semester pertama tahun ini cukup keras, Honda masih dapat mencapai pertumbuhan positif, terutama di beberap segmen seperti LCGC, city car, dan SUV,” kata Jonfis dalam siaran pers pada Rabu (11/7/2018).

Dia menambahkan, Honda HR-V 1.5L terjual 15.339 unit atau berkontribusi mencapai 20% dari total penjualan HPM. Kemudian, pencapaian tersebut juga membuat pangsa pasarnya mencapai 29% dari pangsa pasar low sport utility vehicle (LSUV).

Kendaraan Honda pada segmen LSUV lainnya, Honda BR-V terjual 3.021 unit sepanjang enam bulan pertama tahun ini dengan pangsa pasar 6%. Di segmen sport utility vehicle (SUV), Honda CR-V meraih penjualan sebanyak 5.360 unit dengan pangsa pasar 17%.

Honda HR-V 1.8L yang juga berada di segmen SUV terjual 2.818 unit dari Januari sampai Juni 2018 dengan pangsa pasar 9%.

Kemudian, Honda Mobilio tercatat memberikan sumbangsih sebanyak 15% dari total penjualan perusahaan pada semester pertama tahun ini dengan pencapaian wholesales hingga 11.718 unit, dan membuatnya memiliki pangsa pasar 9% di segmen low multipurpose vehicle (LMPV).

Di segmen hatchback, Honda Jazz mencatatkan penjualan sebanyak 5.930 unit, dan tetap mempertahankan posisinya sebagai market leader dengan pangsa pasar 34%.

Adapun Honda Civic hatchback memiliki pangsa pasar 8% dengan total penjualan 1.390 unit.

Produk hatchback Honda lainnya, yakni Honda Odyssey hanya terjual sebanyak 131 unit pada enam bulan pertama tahun ini.

Di kategori Sedan, Honda Civic menjadi pemimpin pasar di segmen small sedan pada Januari—Juni 2018 dengan penjualan sebanyak 1.017 unit, dan memiliki pangsa pasar 72%. Di segmen mini sedan, Honda City mencatatkan penjualan sebanyak 487 unit dengan pangsa pasar 67%.

Honda Accord yang berada di segmen medium sedan terjual sebanyak 100 unit dengan pangsa pasar 7%. Adapun Honda Civic tipe R terjual 21 unit pada Januari—Juni 2018.

Dia menambahkan, pihaknya optimistis dapat mempertahankan tren positif pada semester pertama 2018 ke enam bulan kedua tahun ini dengan didukung penyegaran produk, program penjualan, serta purna jual yang akan memberikan nilai lebih bagi konsumen.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Yudi Supriyanto
Editor : Fatkhul Maskur
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper