Incar Anak Muda, Yamaha Akan Buka Inden Lexi Secara Daring

PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) memutuskan membuka pemesanan inden melalui dalam jaringan atau online untuk Yamaha Lexi pada pertengahan April 2018. Hal ini dilakukan perusahaan setelah pemesanan inden lewat diler mulai dibuka bulan depan, atau Maret 2018.
Yudi Supriyanto
Yudi Supriyanto - Bisnis.com 25 Februari 2018  |  14:41 WIB
Incar Anak Muda, Yamaha Akan Buka Inden Lexi Secara Daring
Pebalap Yamaha MotoGP Valentino Rossi menghadiri peluncuran motor terbaru Yamaha Lexi di Jakarta, Jumat (26/1). - ANTARA/Muhammad Adimaja

Bisnis.com, TANGERANG -- PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) memutuskan membuka pemesanan inden melalui dalam jaringan (daring) atau online untuk Yamaha Lexi pada pertengahan April 2018. Hal ini dilakukan perusahaan setelah pemesanan inden lewat diler mulai dibuka bulan depan, atau Maret 2018.

Deputy GM Marketing YIMM Eddy Ang mengungkapkan bahwa pihaknya memutuskan membuka pemesanan inden online Lexi karena mengikuti perkembangan zaman. Model ini mengincar segmentasi orang yang baru mulai berkerja. Golongan ini memiliki usia 20--25 tahun yang merupakan masyarakat digital.

"Nah, yang lewat diler dari Maret [2018]. Pertengahan April [2018], kami akan buka yang online," kata Eddy di Tangerang pada Minggu (25/2/2018).

Dia menambahkan, jumlah sepeda motor yang akan dijual secara online jauh lebih sedikit jika dibandingkan dengan penjualan  melalui diler. Perusahaan membatasi kuota dalam jaringan sebanyak 1.000 unit. Oleh karena itu, lanjutnya, pihaknya tidak khawatir dengan kasus yang pernah terjadi terhadap Yamaha Xmax di mana terdapat oknum yang menaikkan harga jual Xmax. 

Dia menjelaskan kasus yang terjadi pada sepeda motor Xmax lantaran jumlah unit yang tersedia sedikit. Dengan demikian, perusahaan kesulitan memenuhi permintaan diler.

YIMM akan memberikan sejumlah gimmick terkait dengan pemesanan secara online. Namun hal ini masih dalam tahap perancangan.

Gimmick adalah istilah yang umum digunakan di dunia pertelevisian untuk mencari perhatian penonton. Kegiatan ini dilakukan secara terencana dengan tujuan khusus. 

Sementara itu terkait dengan pemesanan inden secara offline, YIMM akan melakukan pengumpulan data konsumen yang berminat dari diler-diler pada pekan ke-3 atau ke-4 di bulan yang sama. Setelahnya, perusahaan mulai melakukan produksi sepeda motor Lexi pada April 2018. 

Terkait dengan harga, YIMM masih enggan mempublikasikan. Perusahaan beralasan masih menunggu besaran bea balik nama (BBN).

Eddy mengatakan harga Lexi akan diumumkan pekan ketiga Maret 2018. Dia memperkirakan harga mulai dari sekitar Rp19 juta. 

Sebelumnya, YIMM menargetkan penjualan Yamaha Lexi mampu mencapai jumlah penjualan yang sama seperti penjualan NMAX. Executive Vice President YIMM Dyonisius Beti yakin karena harga yang ditawarkan terjangkau, yakni mulai kurang dari Rp20 juta.

"Lexi akan dominan di pasar ini. Struktur pasar ini, kami harapkan bisa seperti NMAX, tapi perlu step by step [pelan-pelan]," kata Dyonisius pada acara peluncuran Lexi di Jakarta, Jumat (26/1/2018) 

Dia menjelaskan, pihaknya memasarkan Lexi karena kesuksesan  NMAX dan keinginan masyarakat akan produk MAXI Yamaha dengan kubikasi mesih kecil. Sepeda motor NMAX merupakan kendaraan roda dua dengan ukuran mesin 155 cc, sedangkan Lexi 125 cc.

Presiden Direktur YIMM Minoru Morimoto mengatakan Lexi bisa menduplikat kesuksesan NMAX pada tahun depan. "Lexi mulai April [2018], jadi tidak full year [setahun penuh]. Tahun depan bisa [sama dengan penjualan NMAX]," katanya.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
yamaha

Editor : Fatkhul Maskur
KOMENTAR


-->
KOMENTAR


0 Komentar
Urut berdasarkan

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top