Urus, SUV Super dari Lamborghini

Jika mendengar Lamborghini, kebanyakan orang akan langsung mengasosiasikannya dengan kendaraan supercar berwarna mentereng dengan desain macho dan berani seperti seri Aventador atau Huracan. Namun, kali ini perusahaan yang berbasis di SantAgata Bolognese, Italia itu mengejutkan publik otomotif dengan lansiran terbarunya yang berwujud super sport utility vehicle (SSUV) bergaya coupe. Kendaraan yang akan mengaspal pada musim semi 2018 itu diberi nama Urus.
Wike Dita Herlinda
Wike Dita Herlinda - Bisnis.com 16 Desember 2017  |  14:09 WIB

Bisnis.com, JAKARTA - Jika mendengar Lamborghini, kebanyakan orang akan langsung mengasosiasikannya dengan kendaraan supercar berwarna mentereng dengan desain macho dan berani seperti seri Aventador atau Huracan.

Namun, kali ini perusahaan yang berbasis di Sant’Agata Bolognese, Italia itu mengejutkan publik otomotif dengan lansiran terbarunya yang berwujud super sport utility vehicle (SSUV) bergaya coupe. Kendaraan yang akan mengaspal pada musim semi 2018 itu diberi nama Urus.

Berbeda dengan kebanyakan SUV, Urus diklaim sebagai kendaraan super yang jauh lebih tangguh, melesat lebih cepat, dan tentu saja bernilai sangat mahal. Di pasaran Inggris saja, kendaraan ini rencananya bakal dilepas dengan banderol harga mulai £131.500 (sekitar Rp2,4 miliar).

Nama Urus sendiri diambil dari hewan Aurochs yang merupakan nenek moyang dari banteng petarung Spanyol yang gagah dan berukuran besar. Mobil ini digadang-gadang menjadi pesaing bagi SUV super sekelas Bentley Bentayga, Range Rover SVAutobiography, dan Maserati Levante.

Lantas apa saja yang membuat kendaraan ini begitu diantisipasi? Salah satunya adalah karena performanya yang prima berkat mesin twin turbo V8 4,0 liter berbahan bakar bensin yang memberikan kekuatan setara 650 tenaga kuda.

Mesin turbo pertama dari Lamborghini tersebut dapat memacu Urus pada kecepatan 0—62 mph hanya dalam waktu 3,6 detik, 0—124 mph dalam 12,8 detik, dan mencapai kecepatan maksimum hingga 190 mph.

Dengan kemampuan melesat secepat itu, Lamborghini melengkapi Urus dengan sistem rem keramik karbon besar agar kendaraan yang memiliki ban berdiameter 21-23 inchi itu dapat diberhentikan dengan lebih efisien.

Urus juga dipersenjatai dengan girboks otomatis 8 kecepatan, dan rasio gigi rendah pendek dan roda gigi yang lebih tingg. Dengan demikian, mobil ini memiliki akselerasi yang mumpini serta mesin yang efisien sehingga lebih hemat konsumsi bahan bakar dan meminimalisasi emisi.

Menurut klaim Lamborghini, kendaraan ini juga dapat digunakan di medan off road. Mobil ini memiliki berbagai mode kemudi termasuk Strada (mode jalanan), Terra (off road), Neve (salju), Sabbia (gurun pasir), Sport, dan Corsa.

Dengan sistem four-wheel drive, kendaraan ini dapat menunjang traksi ke bagian depan atau belakang sistem roda/gandar, tergantung pada mana yang memiliki friksi medan yang lebih kuat.

Pada mode off road, teknologi vektor torsi pada Urus akan mengurangi goncangan sehingga kemudi menjadi lebih aman dan ringkas. Namun, pada mode sporty, vektor torsi akan membantu Urus menjadi lebih tahan banting.

Menilik interiornya, Urus masih memiliki karakter khas Lamborghini yaitu kabin yang berlapis material kulit, alumunium, serat karbon, kayu, dan alcanatara. Kursi pengemudi dan penumpang dibuat lebih rendah layaknya kendaraan sports, tetapi panel kokpitnya tetap mudah dijangkau.

Bagian kursi depan mobil ini sepenuhnya dibuat elektrik, memiliki pemanas, dan dapat disesuaikan ke dalam 12 sudut. Sementara itu, kursi belakangnya dilengkapi dengan titik-titik Isofix dan dapat digeser ke depan dan ke belakang.

Adapun, sistem hiburan yang dimiliki oleh Urus melingkupi dua layar sentuh yang juga dapat dikendalikan melalui setir kemudi. Layar sentuh atas berisi fitur-fitur pengatur hiburan, navigasi, telepon, dan status kendaraan. Layar sentuh bawah berfungsi sebagai papan ketik dan fungsi kendali lainnya seperti pengatur suhu kabin dan pemanas kursi.

Pada varian standar, sistem tersebut sudah ditunjang dengan teknologi konektivitas Bluetooth, USB, pemutar DVD, dan sound system. Untuk varian opsional, terdapat tambahan menu DAB, Apple Carplay, Android Auto, TV tuner, serta sound system Bang & Olufsen.

Secara umum, kabin Lamborghini Urus berkapasitas 616 liter dengan kursi belakang ditegakkan. Namun, kapasitas tersebut dapat ditambah jika kursi belakang dilipat.

Teknologi lain yang melengkapi varian standar Urus adalah sensor parkir bagian belakang, kendali kemudi, dan Easyload Assist yang membantu menurunkan ketinggian kendaraan untuk memudahkan proses memasukkan barang atau muatan berat ke dalam mobil.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
lamborghini

Editor : Mia Chitra Dinisari
KOMENTAR


0 Komentar
Urut berdasarkan

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top