Tesla Roadster Hebohkan Publik Otomotif

Tesla, Inc. membuat kejutan baru. Perusahaan asal Amerika Serikat itu menggemparkan para penggemar otomotif dengan pengumuman diluncurkannya model terbaru mobil sport mereka, yang diberi nama Roadster.
Wike Dita Herlinda | 26 November 2017 14:01 WIB
Tesla Roadster/http:/ - blogs.discovermagazine.com

Bisnis.com, JAKARTA - Tesla, Inc. membuat kejutan baru. Perusahaan asal Amerika Serikat itu menggemparkan para penggemar otomotif dengan pengumuman diluncurkannya model terbaru mobil sport mereka, yang diberi nama Roadster.

Menurut klaim CEO Tesla Elon Musk, Roadster bakal menjadi mobil tercepat yang pernah diproduksi perusahaan yang berbasis di Palo Alto, California itu. Langkah tersebut dipandang sangat berani oleh berbagai kalangan.

Elon mengumumkan model Roadster di sela-sela peluncuran truk elektrik perdana Tesla belum lama ini. Dia mengatakan Roadster memiliki daya pacu hingga 620 mil (1.000 km) hanya dalam sekali isi ulang baterai (charge).

Portofolio kendaraan yang diperkenalkan dalam palet merah itu digadang-gadang mampu melesat hingga 62 mph hanya salam 1,9 detik dan 100 mph dalam 4,2 detik. Adapun, kecepatan maksimalnya menembus 250 mph.

Belum banyak detail yang dibongkar Elon tentang model baru tersebut. Namun, generasi terbaru Roadster disebut-sebut bakal dibanderol seharga US$200.000 dan mulai mengaspal pada 2020. Bagi konsumen yang berminat, dapat memesan dengan pembayaran dimuka seharga US$50.000.

“Intinya, Roadstar akan menjadi gebrakan sangat keras [hardcore] bagi mobil-mobil sport yang masih menggunakan bahan bakar minyak,” tegas Elon dalam keterangan resminya.

Sekadar catatan, model terdahulu Roadster pernah diluncurkan selama periode 2008—2012. Selama rentang waktu tersebut, mobil tersebut terjual lebih dari 2.450 unit di 30 negara. Bagaimanapun, peluncuran generasi terbaru mobil tersebut menuai kontroversi.

Pasalnya, belum lama ini Tesla dihantam oleh isu produksi ‘mobil murah’ Model 3 yang tidak sesuai dengan tenggat waktu. Akibatnya, sebagian kalangan menilai peluncuran versi terbaru Roadster adalah cara perusahaan tersebut dalam mengalihkan isu.

Sebelumnya, Tesla sempat membuat heboh dengan rencana memproduksi 1.500 unit Model 3 pada kuartal ketiga 2017. Namun, hingga tenggat waktu yang ditentukan, perusahaan tersebut baru berhasil memproduksi 260 unit dari mobil listrik termurah versi Tesla itu.

PELUNCURAN TRUK

Bersamaan dengan diumumkannya versi terbaru Roadster, Tesla meluncurkan truk listrik semi trailer pertamanya di AS, yang digadang-gadang menjadi pesaing bagi truk-truk jarak jauh berbahan bakar solar.

Truk yang diberi nama Tesla Semi tersebut dapat menempuh jarak 500 mil sekali charge dan akan mulai produksi pada 2019. Kecepatannya mencapai 62 mph dalam 20 detik, dan kapasitas muatannya mencapai 36,2 ton alias batas maksimum muatan truk di Negeri Paman Sam.

Setiap ban dari Tesla Semi memiliki mesin yang sama dengan Model 3, sedangkan kabinnya dilengkapi dengan sistem hiburan layar sentuh yang sama seperti di Model 3.

Kendati demikian, Elon memastikan teknologi yang digunakan pada Tesla Semi tidak akan memiliki kualitas murahan. Dia mengatakan truk ini memiliki baterai 300 mil yang berharga US$200 atau setara dengan harga bahan bakar solar untuk jarak tempuh 300 mil.

Tag : tesla motors
Editor : Martin Sihombing
KOMENTAR


0 Komentar
Urut berdasarkan

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top