Fiat & Renault Dongkrak Penjualan Mobil di Eropa

Penjualan mobil di Eropa melonjak ke level tertinggi sepanjang masa, ditopang oleh performa Fiat Chrysler Automobiles NV dan Renault SA yang memanfaatkan solidnya kondisi ekonomi untuk menarik lebih banyak pembeli.
Renat Sofie Andriani
Renat Sofie Andriani - Bisnis.com 19 April 2017  |  14:48 WIB
Fiat & Renault Dongkrak Penjualan Mobil di Eropa
Pameran otomotif/Ilustrasi

Bisnis.com, JAKARTA – Penjualan mobil di Eropa melonjak ke level tertinggi sepanjang masa, ditopang oleh performa Fiat Chrysler Automobiles NV dan Renault SA yang memanfaatkan solidnya kondisi ekonomi untuk menarik lebih banyak pembeli.

Menurut data European Automobile Manufacturers’ Association (ACEA), penjualan kendaraan di wilayah Eropa naik 11% menjadi 1,94 juta unit pada Maret.

Fiat dan Renault memperoleh pangsa pasar dengan mengorbankan manufaktur mobil terbesar di kawasan tersebut, Volkswagen AG, dan PSA Group.

Fiat Chrysler, dengan produk Jeep Renegade dan Fiat 500X yang meraih pelanggan di segmen yang sport utility vehicle Eropa, mendorong pangsa pasarnya menjadi 6,8% dari 6,3%, sedangkan Captur SUV dan minivan Scenic besutan Renault membantu meraup 9,5% pembeli mobil di kawasan itu pada Maret, naik dari 9,2% pada tahun sebelumnya.

Sementara itu, penjualan Volkswagen di Eropa yang naik 6,2% pada Maret gagal mempertahankan lajunya dengan pasar secara keseluruhan. Hal tersebut menyebabkan pangsa pasarnya turun 21,4% dibandingkan dengan 22,4% pada tahun sebelumnya.

Adapun pangsa pasar PSA yang berbasis di Paris menyempit menjadi 16,1% dari 16,9%. Hal ini menyoroti tekanan persaingan di kawasan tersebut.

Turunnya angka pengangguran membantu mendorong keyakinan konsumen di Eropa

Turunnya angka pengangguran membantu mendorong keyakinan konsumen di Eropa, yang mendukung permintaan otomotif. Bahkan di Inggris Raya, pasar mobil terbesar di Eropa setelah Jerman, telah menentang efek perlambatan yang dipicu Brexit, dengan kenaikan penjualan di negara tersebut sebesar 8,4% bulan lalu.

Tangguhnya pasar mobil di wilayah ini berlawanan dengan kondisi di Amerika Serikat (AS), di mana penjualan kendaraan secara tidak terduga turun pada Maret.

“Hasil pasar mobil terbaru mendukung pemberitaan positif yang telah kita lihat dari kondisi ekonomi yang lebih luas di Eropa,” ujar Jonathon Poskitt, analis LMC Automotive di Oxford, Inggris, dikutip dari Bloomberg (Rabu, 19/4/2017).

Penjualan di Jerman naik 11% pada Maret. Di tengah meningkatnya tensi seputar pemilihan Presiden, Prancis mampu mencatat kenaikan penjualan sebesar 7%. Sementara itu, pengiriman mobil di Italia melonjak 18%.

ACEA memperoleh data dari 28 negara anggota di Uni Eropa, selain Malta, plus Swiss, Norwegia, dan Islandia.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
eropa, penjualan mobil

Editor : Fajar Sidik
KOMENTAR


0 Komentar
Urut berdasarkan

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top