Hadji Kalla Kuasai 29,5% Pasar Otomotif di Sulawesi

PT Hadji Kalla mencatatkan penjualan sebanyak 1.937 unit dalam dua bulan pertama tahun ini di tengah melemahnya pasar otomotif di wilayah cakupan perusahaan.
Amri Nur Rahmat | 17 Maret 2017 17:13 WIB
Toyota - Reuters/Chaiwat Subprasom

Bisnis.com, MAKASSAR - PT Hadji Kalla mencatatkan penjualan sebanyak 1.937 unit dalam dua bulan pertama tahun ini di tengah melemahnya pasar otomotif di wilayah cakupan perusahaan.

Dengan performa tersebut, diler utama kendaraan Toyota untuk Sulawesi Selatan, Sulawesi Barat, Sulawesi Tengah dan Sulawesi Tenggara ini merengkuh penguasaan pasar mencapai 29,5% periode Januari-Februari 2017.

Chief Executive Officer Hadji Kalla, Hariyadi Kaimuddin mengemukakan segmen menengah masih menjadi penopang utama penjualan perusahaan, terlebih pilihan kendaraan Toyota untuk segmen ini lebih variatif disesuaikan dengan kebutuhan maupun tingkat mobilitas.

"Terlepas dari itu, kami juga banyak melakukan promosi secara aktif, serta program trade in yang memungkinkan pelanggan Toyota unit lama mendapatkan unit baru," katanya, Jumat (17/3/2017).

Hariyadi menceritakan, pada bulan lalu pasar otomotif di Sulawesi terkhusus wilayah penjualan perusahaan susut hingga 11,1 % namun penyerapan kendaraan Toyota bertahan pada level yang kuat ditunjukkan dengan penguasaan pasar sebesar 35,8%

Hal tersebut mengindikasikan jika kendaraan Toyota masih menjadi pilihan utama bagi masyarakat yang membutuhkan mobilitas maupun sebagai bentuk kuatnya daya beli terhadap produk otomotif.

Data Perusahaan

Berdasarkan data perusahaan, kendaraan segmen menengah mendominasi realisasi penjualan Hadji Kalla yakni All New Calya 28,7%, kemudian Grand New Avanza 24.3% serta Agya 14.1%.

Bahkan, ketiga produk otomotif Toyota itu menjadi market leader pada kelasnya masing, yakni Calya dengan penguasaan pasar 68,9% untuk segmen MPV entry, Avanza sebesar 41,6% pada segmen MPV low serta Agya dengan penguasaan pasar 38,2% di kelas compact entry.

Ketiga jenis produk tersebut sebagian besar terserap pada segmen menengah.

"Selain itu, kinerja kumulatif kami juga tidak lepas dari penjualan segmen lain yang juga mencatatkan tren positif. Misalnya saja Innova, dengan varian anyar New Venturer mendapatkan respon antusias dari konsumen sejak diluncurkan," kata Hariyadi.

Lebih lanjut, katanya, kehadiran varian terbaru dari Innova diklaim mendongkrak porsi penguasaan pasar hingga mencapai di atas 90% pada awal tahun ini.

 

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
hadji kalla

Editor : Nancy Junita
KOMENTAR


0 Komentar
Urut berdasarkan

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top