Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

VW Digugat Pelanggan Terbesarnya di Jerman

Salah satu pelanggan terbesar Volkswagen yakni Deutsche See yang bergerak di bidang distribusi perikanan menggugat pabrikan mobil asal Jerman itu karena merasa ditipu atas armada kendaraan yang disewa tidak memenuhi standardisasi ramah lingkungan
VW/telegraph.co.uk
VW/telegraph.co.uk

Bisnis.com, HAMBURG - Salah satu pelanggan terbesar Volkswagen yakni Deutsche See yang bergerak di bidang distribusi perikanan menggugat pabrikan mobil asal Jerman itu, karena merasa ditipu atas armada kendaraan yang disewa tidak memenuhi standardisasi ramah lingkungan.

Deutsche See menjadi pelanggan besar pertama yang menuntut produsen mobil terbesar di Eropa tersebut atas skandal kecurangan mesin diesel. Hal ini pun sekaligus kasus pertama yang dibawa oleh seorang pelanggan korporasi di pasar dalam negeri. 

Sebelumnya, Volkswagen telah menghadapi banyak tuntutan hukum dari individu pemilik kendaraan, regulator, pemerintah negara bagian dan dealer di Amerika Serikat, pasca terkuaknya skandal tersebut akhir 2015 lalu di negeri Paman Sam itu.

Deutsche See yang berbasis di Bremerhaven menyewa sekitar 500 kendaraan dari Volkswagen. Seperti dikutip dari Reuters, Senin (6/2/2017), Deutsche See menggugat VW hingga US$12,8 juta.

"Deutsche See bekerjasama dengan VW karena VW berjanji memberikan konsep mobilitas yang paling ramah lingkungan dan berkelanjutan," kata sebuah pernyataan dari Deutsche See.

Manajemen Deutsche See mengatakan, telah mengajukan keluhan untuk penipuan berbahaya di pengadilan regional di Braunschweig, dekat markas VW di Wolfsburg.

Sebelumnya, dampak hukum dari masalah tersebut telah menelan biaya perusahaan lebih dari 20 miliar euro atau setara US$21,6 miliar. Mantan kepala eksekutif VW pun sedang diselidiki oleh jaksa Jerman untuk dugaan penipuan dan manipulasi pasar.


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Editor : Nancy Junita
Sumber : reuters

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper